PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN TESTLET BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS PADA MATERI TEKANAN ZAT


Shofie Maulani, 4001415047 (2019) PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN TESTLET BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS PADA MATERI TEKANAN ZAT. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN TESTLET BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS PADA MATERI TEKANAN ZAT]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN TESTLET BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS PADA MATERI TEKANAN ZAT) - Published Version
Download (8MB) | Preview

Abstract

Instrumen asesmen digunakan sebagai alat ukur hasil belajar peserta didik setelah mengikuti pembelajaran. Pembelajaran berpendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) belum memiliki standar penilaian baku yang ditetapkan. Pembelajaran STEM membutuhkan pengembangan instrumen asesmen yang terintegrasi disiplin ilmu STEM secara menyeluruh (Harwell et al., 2012:66). SMP Negeri 8 Salatiga telah menerapkan pembelajaran STEM dan membutuhkan instrumen asesmen. Testlet dapat dikembangkan sebagai instrumen asesmen sesuai kebutuhan di sekolah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen asesmen testlet berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics pada materi tekanan zat yang layak. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode Research dan Development (R&D) berdasarkan Sugiyono (2017). Testlet berbasis STEM memenuhi karakteristik alat evaluasi yang baik menurut Arifin (2012:65). Hasil penelitian menunjukkan bahwa testlet yang dikembangkan layak dan valid digunakan sebagai instrumen asemen berbasis STEM berdasarkan penilaian oleh validator ahli. Reliabilitas soal testlet berbasis STEM adalah 0,866 dengan kategori sangat reliabel. Respon peserta didik dan guru terhadap instrumen asemen berbasis STEM yang dikembangkan adalah positif. Testlet yang telah dikembangkan dilengkapi dengan analisis untuk mengukur daya serap peserta didik sehingga dapat digunakan guru sebagai alternatif asesmen pendeteksi kesulitan belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, testlet, STEM, tekanan zat
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 07 Oct 2020 01:20
Last Modified: 07 Oct 2020 01:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39258

Actions (login required)

View Item View Item