PENGARUH GREEN LEARNING METHOD DENGAN PHOTOVOICE PADA MATERI EKOSISTEM TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP


Eti Widiyanti, 4001415046 (2019) PENGARUH GREEN LEARNING METHOD DENGAN PHOTOVOICE PADA MATERI EKOSISTEM TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH GREEN LEARNING METHOD DENGAN PHOTOVOICE PADA MATERI EKOSISTEM TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP]
Preview
PDF (PENGARUH GREEN LEARNING METHOD DENGAN PHOTOVOICE PADA MATERI EKOSISTEM TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP) - Published Version
Download (688kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh green learning method dengan photovoice terhadap kemampuan komunikasi dan hasil belajar siswa SMP. Desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Pada penelitian ini populasi pada penelitian ini peserta didik kelas VII SMP Negeri 34 Semarang. Sampel penelitian ini ditentukan dengan teknik random sampling, diperoleh dua kelas yaitu kelas VII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VII G sebagai kelas kontrol. Analisis data yang digunakan adalah data hasil pretest dan postest siswa, lembar observasi kemampuan komunikasi, lembar observasi hasil belajar afektif, serta lembar angket tanggapan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa green learning method dengan photovoice dinyatakan berpengaruh kuat terhadap kemampuan komunikasi dan hasil belajar siswa. Kemampuan komunikasi siswa didapatkan dari lembar observasi dengan hasil thitung 8.40 menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel sehinga Ho ditolak sehingga terdapat pengaruh signifikan. Hasil belajar kognitif siswa didapatkan dari pretest dan postest dengan hasil thitung 9.63 menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel sehinga Ho ditolak sehingga terdapat pengaruh signifikan. Hasil belajar afektif siswa didapatkan dari lembar observasi dengan thitung 9.21 menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel sehinga Ho ditolak sehingga terdapat pengaruh signifikan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa green learning method dengan photovoice berpengaruh kuat atau positif terhadap kemampuan komunikasi dan hasil belajar siswa SMP.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Green Learning Method, Photovoice, Ekosistem, Kemampuan Komunikasi, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 07 Oct 2020 01:17
Last Modified: 07 Oct 2020 01:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39257

Actions (login required)

View Item View Item