PENGEMBANGAN E-COMIC LAPISAN BUMI UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VII


Effiatul Fajriyah, 4001415041 (2019) PENGEMBANGAN E-COMIC LAPISAN BUMI UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VII. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN E-COMIC LAPISAN BUMI UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VII]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN E-COMIC LAPISAN BUMI UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VII) - Published Version
Download (558kB) | Preview

Abstract

Kemandiran belajar siswa yang rendah berdampak pada pemahaman konsep siswa, sehingga siswa kesulitan dalam menjelaskan materi dengan bahasa dan pemahaman mereka sendiri. Maka dari itu, dibutuhkan media yang dapat mendorong kemandirian belajar siswa yang aktual sesuai perkembangan zaman, yaitu e-comic lapisan bumi. Penelitian pengembangan e-comic lapisan bumi bertujuan untuk menganalisis kelayakan dan keefektifan media pembelajaran yang dikembangkan. Prosedur penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan atau Research and Development (R and D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluate) untuk mengembangkan e-comic lapisan bumi. E-comic lapisan bumi dinyatakan layak oleh masing-masing 3 (tiga) ahli pada validasi ahli media dan materi dengan hasil 85,93% pada aspek kelayakan kegrafikan, dan 93,47%, 87,07% penyajian, 85,28%, 86,31% penilaian kontekstual pada aspek kelayakan isi, penyajian, bahasa, dan penilaian kontekstual. Kemandirian belajar siswa memperoleh nilai persentase 86,93% dengan kategori sangat baik dan nilai gain peningkatan pemahaman konsep 0,65 dengan kategori sedang. Hal ini menunjukkan bahwa e-comic lapisan bumi sangat layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: e-comic, kemandirian belajar, pemahaman konsep
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 07 Oct 2020 01:13
Last Modified: 07 Oct 2020 01:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39256

Actions (login required)

View Item View Item