PEMIKIRAN POLITIK GUS DUR DALAM BUKU ISLAMKU, ISLAM ANDA, ISLAM KITA


TEGUH WALOYO, 3312414029 (2019) PEMIKIRAN POLITIK GUS DUR DALAM BUKU ISLAMKU, ISLAM ANDA, ISLAM KITA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PEMIKIRAN POLITIK GUS DUR DALAM BUKU ISLAMKU, ISLAM ANDA, ISLAM KITA]
Preview
PDF (PEMIKIRAN POLITIK GUS DUR DALAM BUKU ISLAMKU, ISLAM ANDA, ISLAM KITA) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Hubungan antara agama dan negara selalu menarik untuk dikaji. Topik bahasan ini selalu diperbincangkan publik lintas generasi. Penelitian ini berusaha mengungkap benang merah antara hubungan agama (Islam) dengan negara yang dikemukakan Gus Dur dalam sebuah buku. Dirumuskan dalam rumusan masalah, bagaimana pemikiran politik Gus Dur terhadap konsep negara Islam dalam buku Islamku Islam Anda Islam Kita. Data diambil menggunakan metode dokumentasi dan studi pustaka. Adapun metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis wacana kritis model Teun A Van Dijk. Metode ini salah satu model yang memandang bahasa berkaitan dengan kekuasaan, ideologi, serta politik. Ada tiga unit analisis yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu teks, kognisi sosial, dan konteks sosial. Adapun hasil penelitian ini memuat pemikiran politik Gus Dur. Yaitu pandangan Gus Dur terhadap negara Islam, Islam dan Pancasila, serta orientasi Islam dalam bernegara. Adapun ide besar dari pemikiran politik Gus Dur dalam buku Islamku Islam Anda Islam Kita adalah dukungannya terhadap Pancasila sebagai ideologi negara Indonesia yang tidak bertentangan dengan ajaran Islam. Dengan demikian umat Islam tidak memiliki kewajiban untuk mendirikan negara Islam di Indonesia. Seluruh hasil penelitian ini disajikan dalam bangunan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini disajikan berdasar teks (struktur makro, superstruktur, dan struktur mikro), kognisi sosial, dan konteks sosial. Wacana bisa digunakan untuk melakukan pembentukan opini penutur dalam bentuk pilihan kata atau kalimat. Saran yang disampaikan dalam penelitian ini memuat dua hal. Pertama, saran yang ditujukan kepada kelompok Islam. Kedua, saran ditujukan kepada seluruh elemen bangsa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Gus Dur, Analisis Wacana Kritis, Hubungan Agama dan Negara, Buku Islamku Islam Anda Islam Kita, Pemikiran Politik.
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 06 Oct 2020 13:25
Last Modified: 06 Oct 2020 13:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39254

Actions (login required)

View Item View Item