PENGARUH KONSEP DIRI, LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA, DAN KEDISIPLINAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD GUGUS DIPONEGORO KECAMATAN ADIWERNA KABUPATEN TEGAL


Wiwi Afita, 1401416239 (2020) PENGARUH KONSEP DIRI, LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA, DAN KEDISIPLINAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD GUGUS DIPONEGORO KECAMATAN ADIWERNA KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 1401416239.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (10MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar merupakan perubahan perilaku yang diperoleh siswa setelah melakukan kegiatan belajar. Hasil belajar penting sebagai tolok ukur keberhasilan kegiatan belajar mengajar di sekolah. Hasil belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah konsep diri, lingkungan teman sebaya, dan kedisiplinan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsep diri, lingkungan teman sebaya, dan kedisiplinan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Gugus Diponegoro Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD se-Gugus Diponegoro Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal, sebanyak 377 siswa. Sampel penelitian sebanyak 194 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan jenis proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara tidak terstruktur, dan dokumentasi. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis indeks, analisis korelasi sederhana, regresi sederhana, uji t, korelasi berganda, regresi berganda, koefisien determinan, dan Uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan konsep diri terhadap hasil belajar matematika siswa dengan thitung > ttabel (5,753 > 1,972) dan besar sumbangan pengaruh sebesar 14,7%; (2) terdapat pengaruh lingkungan teman sebaya terhadap hasil belajar matematika siswa dengan thitung > ttabel (5,085 > 1,972) dan besar sumbangan pengaruh sebesar 14,9%; (3) terdapat pengaruh yang signifikan kedisipilan terhadap hasil belajar matematika siswa dengan thitung > ttabel (9,646 > 1,972) dan besar sumbangan pengaruh sebesar 32,6%; (4) terdapat pengaruh konsep diri, lingkungan teman sebaya, dan kedisiplinan terhadap hasil matematika belajar siswa kelas dengan Fhitung > Ftabel (43,944 > 2,650) dan besar sumbangan pengaruh sebesar 41%; (5) terdapat hubungan antara konsep diri dan lingkungan teman sebaya dengan nilai korelasi sebesar 0,368; (6) terdapat hubungan antara konsep diri dan kedisiplinan dengan nilai korelasi sebesar 0,226; (7) terdapat hubungan antara lingkungan teman sebaya dan kedisiplinan dengan nilai korelasi sebesar 0,350. Dapat disimpulkan bahwa konsep diri, lingkungan teman sebaya, dan kedisiplinan secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian, maka semua pihak baik guru maupun orangtua hendaknya memerhatikan dan membimbing siswa untuk mengembangkan konsep diri dan lingkungan teman sebaya yang positif dan meningkatkan kedisipilan sehingga didapatkan hasil belajar yang optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan, Konsep Diri, Lingkungan Teman Sebaya, Hasil Belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 06 Oct 2020 08:09
Last Modified: 06 Oct 2020 08:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39242

Actions (login required)

View Item View Item