HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS SADEWA KECAMATAN PETANAHAN KABUPATEN KEBUMEN


Agil Setiawan, 1401416214 (2020) HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS SADEWA KECAMATAN PETANAHAN KABUPATEN KEBUMEN. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 1401416214.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (6MB) | Preview

Abstract

Kebiasaan belajar dan disiplin belajar merupakan faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Seseorang yang memiliki kebiasaan belajar yang baik dan disiplin belajar yang baik, maka akan berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Semakin baik kebiasaan belajar dan disiplin belajar, akan semakin baik hasil belajarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menguji hubungan antara kebiasaan belajar terhadap hasil belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri Gugus Sadewa Kecamatan Petanahan Kabupaten Kebumen. (2) menguji hubungan antara disiplin belajar terhadap hasil belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri Gugus Sadewa Kecamatan Petanahan Kabupaten Kebumen. (3) menguji hubungan antara kebiasaan belajar dan disiplin belajar secara bersama - sama dengan hasil belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri Gugus Sadewa Kecamatan Petanahan Kabupaten Kebumen. Penelitian ini adalah penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Gugus Sadewa Kecamatan Petanahan Kabupaten Kebumen sejumlah 147 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Proportional Random Sampling sejumlah 103 siswa. Variabel dalam penelitian ini meliputi kebiasaan belajar dan disiplin belajar sebagai variabel bebas sedangkan hasil belajar sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Uji instrumen dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis product moment. Hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukkan (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar terhadap hasil belajar IPS, nilai rhitung = 0,749 dan termasuk kategori kuat serta berkontribusi sebesar 54,2 %; (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin belajar terhadap hasil belajar IPS, nilai rhitung = 0,777 dan termasuk kategori kuat serta berkontribusi sebesar 57,6 %; (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar IPS, nilai rhitung = 0,790 dan termasuk kategori kuat serta berkontribusi sebesar 62,3 %. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dan disiplin belajar dengan hasil belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri Gugus Sadewa Kecamatan Petanahan Kabupaten Kebumen. Saran bagi guru diharapkan mampu meningkatkan kebiasaan belajar dan disiplin belajar sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat dan tujuan dari pembelajaran dapat tercapai secara optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kebiasaan belajar, disiplin belajar, hasil belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 06 Oct 2020 08:02
Last Modified: 06 Oct 2020 08:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39240

Actions (login required)

View Item View Item