PENGARUH KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR DAN KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS IV SD GUGUS JENDERAL SOEDIRMAN KECAMATAN KRAMAT KABUPATEN TEGAL
Anis Fajariyani, 1401416210 (2020) PENGARUH KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR DAN KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS IV SD GUGUS JENDERAL SOEDIRMAN KECAMATAN KRAMAT KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (10MB) | Preview |
Abstract
Keberhasilan kegiatan pembelajaran di sekolah dapat dilihat dari pencapaian hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya keterampilan dasar mengajar dan kedisiplinan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsi pengaruh keterampilan dasar mengajar dan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar kelas IV SD Gugus Jenderal Soedirman Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode ex post facto. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik probability sampling tipe proportionate stratified random sampling. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi sederhana, analisis regresi sederhana, analisis korelasi ganda, analisis regresi ganda, analisis koefisien determinasi (R2 ), dan uji koefisien regresi secara bersama-sama (Uji F). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan keterampilan dasar mengajar terhadap hasil belajar kelas IV SD Gugus Jenderal Soedirman Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal, dengan perolehan nilai thitung > ttabel (4,439 > 1,976) dan sumbangan pengaruh sebesar 11,4%; (2) terdapat pengaruh yang signifikan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar kelas IV SD Gugus Jenderal Soedirman Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal, dengan perolehan nilai thitung > ttabel (4,469 > 1,976) dan sumbangan pengaruh sebesar 11,5%; (3) terdapat pengaruh yang signifikan keterampilan dasar mengajar dan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar kelas IV SD Gugus Jenderal Soedirman Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal, dengan perolehan nilai Fhitung > Ftabel (11,826 > 3,056) dan sumbangan pengaruh sebesar 13,5%. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa keterampilan dasar mengajar dan kedisiplinan belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Gugus Jenderal Soedirman Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal. Guru hendaknya dapat meningkatkan keterampilan dasar mengajar serta menjalin kerjasama dengan orangtua siswa dalam meningkatkan kedisiplinan belajar, sehingga siswa dapat memperoleh hasil belajar yang optimal.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar; Kedisiplinan Belajar; Keterampilan Dasar Mengajar |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 06 Oct 2020 07:47 |
Last Modified: | 06 Oct 2020 07:47 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39238 |
Actions (login required)
View Item |