PEMBENTUKAN SIKAP SOSIAL SISWA KELAS V HOMESCHOOLING ABC’D (Affective, Behavior, Cognitive, and Development) KOTA TEGAL
Dian Evita Sari, 1401416206 (2020) PEMBENTUKAN SIKAP SOSIAL SISWA KELAS V HOMESCHOOLING ABC’D (Affective, Behavior, Cognitive, and Development) KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (4MB) | Preview |
Abstract
Homeschooling merupakan salah satu lembaga pendidikan nonformal yang memiliki karakteristik tersendiri. Karekteristik tersebut memunculkan adanya isu�isu atau paradigma yang salah dalam masyarakat mengenai pendidikan homeschooling, salah satunya adalah adanya anggapan dari masyarakat bahwa siswa homeschooling memiliki sikap sosial yang kurang baik. Fokus penelitian ini adalah pembentukan sikap sosial siswa kelas V di Homeschooling ABC'D Kota Tegal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) pelaksanaan pembelajaran dalam pembentukan sikap sosial siswa kelas V; (2) kendala- kendala pelaksanaan pembelajaran dalam pembentukan sikap sosial siswa; (3) solusi dalam mengatasi kendala yang muncul pada pelaksanaan pembelajaran dalam pembentukan sikap sosial siswakelas V Homeschooling ABC’D Kota Tegal. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, penulis mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan uji derajat kepercayaan (credibility), keteralihan (transferbility), kebergantungan (dependability), dan kepastian (confirmability). Teknik analisis data menggunakan bentuk analisis data kualitatif model interaktif Miles dan Hubberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan pembelajaran Homeschooling ABC’D Kota Tegal dilaksanakan sesuai dengan kemampuan dan hambatan siswa sehingga siswa tidak merasa terbebani dengan materi yang terlalu banyak; (2) metode khusus siswa AVK yaitu, metode ABA (Apllied Behavioral Analysis), metode analisis tugas, metode pembelajaran bertahap, dan latihan persepsi motorik; (3) media pembelajaran yang digunakan di Homeschooling ABC’D Kota Tegal adalah video pembelajaran yang divariasikan dengan permainan; (4) kendala yang dihadapi dalam pembentukan sikap sosial siswa di Homeschooling ABC’D Kota Tegal adalah mood siswa; (5) solusi dari kendala yang muncul dalam pembentukan sikap sosial di Homeschooling ABC’D Kota Tegal adalah dengan melakukan evaluasi dan pemberian pengertian pada siswa. Berdasarkan hasil penelitian maka Homeschooling hendaknya memberikan informasi tujuan yang ingin dicapai masing-masing anak kepada orangtua siswa agar orangtua mengetahui tujuan tersebut sehingga pihak homeschooling dan orangtua memiliki kesamaan tujuan dalam memberikan pembelajaran kepada siswa. Guru/tutor sebaiknya membekali diri dengan menambah informasi mengenai pembelajaran terbaru dan mencoba menerapkannya dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Homeschooling, Sikap Sosial |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 06 Oct 2020 07:45 |
Last Modified: | 06 Oct 2020 07:45 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39237 |
Actions (login required)
View Item |