KEEFEKTIFAN MEDIA BIG BOOK DITINJAU DARI MINAT DAN HASIL BELAJAR BAHASA JAWA PESERTA DIDIK KELAS III SDN 1 MAJATENGAH KABUPATEN PURBALINGGA


Khasanah Setyanindi Lestari, 1401416150 (2020) KEEFEKTIFAN MEDIA BIG BOOK DITINJAU DARI MINAT DAN HASIL BELAJAR BAHASA JAWA PESERTA DIDIK KELAS III SDN 1 MAJATENGAH KABUPATEN PURBALINGGA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 1401416150.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (7MB) | Preview

Abstract

Faktor kurang berhasilnya proses pembelajaran Bahasa Jawa salah satunya adalah guru kurang inovatif dalam menggunakan media pembelajaran. Penggunaan media, dalam penyampaian materi pada pembelajaran bahasa Jawa, dapat menarik perhatian peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu menguji keefektifan media big book ditinjau dari minat dan hasil belajar Bahasa Jawa antara kelas yang pembelajarannya menggunakan media big book dan media teks bacaan pada pembelajaran Bahasa Jawa kelas III tema 6 (pengalaman). Desain penelitian yang digunakan yaitu Quasi Experimental dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III SDN 1 Majatengah Kabupaten Purbalingga tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 34 peserta didik yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas III A dan III B. Sampel pada penelitian ini yaitu semua anggota populasi. Kelas III A sebagai kelas eksperimen dan kelas III B sebagai kelas kontrol, uji coba instrumen dilakukan di kelas III SDN 1 Toyareka. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam mengolah data yaitu uji prasyarat analisis, meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Uji hipotesis penelitian ini menggunakan independent samples t test dan one samples t test. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil uji hipotesis perbedaan minat dan hasil belajar peserta didik. Hasil uji hipotesis perbedaan minat belajar menggunakan Independent Samples t-test menunjukkan thitung > ttabel (2,903 > 2,036) atau signifikansi ≤ 0,05 (0,00 < 0,05), sedangkan uji keefektifan minat belajar menggunakan One Sample t-test menunjukkan thitung > ttabel (2,214 > 1,745) dan taraf signifikansi 0,04 (0,04 < 0,05). Hasil uji hipotesis perbedaan hasil belajar menggunakan Independent Samples ttest menunjukkan thitung > ttabel (3,192 > 2,036) atau nilai signifikansi yang diperoleh yaitu 0,00 (0,00 < 0,05), sedangkan uji keefektifan hasil belajar menggunakan One Sample t-test menunjukkan thitung > ttabel (2,940 > 1,745) dan taraf signifikansi 0,01 (0,01<0,05). Dapat disimpulkan bahwa media big book efektif ditinjau dari minat dan hasil belajar Bahasa Jawa kelas III tema 6 (pengalaman).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Big Book, Hasil Belajar, Minat Belajar, Pembelajaran Bahasa Jawa.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 06 Oct 2020 07:33
Last Modified: 06 Oct 2020 07:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39235

Actions (login required)

View Item View Item