PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWERPOINT DENGAN MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN KOWANGAN TEMANGGUNG


Rina Widyawati, 1401416147 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWERPOINT DENGAN MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN KOWANGAN TEMANGGUNG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 1401416147.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (11MB) | Preview

Abstract

Masalah penting yang sering dihadapi guru dalam pembelajaran adalah memilih atau menentukan media pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan data dokumentasi permasalahan yang dihadapi siswa kelas IV SDN Kowangan Temanggung adalah siswa kesulitan dalam memahami materi pembelajaran. Guru belum menggunakan media dan model pembelajaran yang menarik pada pembelajaran IPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan, menguji kelayakan, dan keefektifan media pembelajaran berbasis powerpoint dengan model STAD. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D) yang dikembangkan oleh Borg and Gall yang telah disesuaikan dengan kebutuhan penelitian. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Kowangan Temanggung. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kowangan Temanggung pada bulan Februari-Maret 2020. Variabel dalam penelitian ini adalah pengembangan media berbasis powerpoint dengan model STAD terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Kowangan Temanggung. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes berupa wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji paired t-test, dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain media pembelajaran berbasis powerpoint mendapatkan persentase penilaian kelayakan media dari ahli materi sebesar 89,09% dengan kriteria sangat layak dan ahli media sebesar 96,25% dengan kriteria sangat layak. Pada uji coba kelompok kecil menunjukkan rata-rata pretest 57 dan postest 79,5 dengan n-gain sebesar 0,52 dengan kategoi sedang, pada uji kelompok besar menunjukkan rata-rata pretest 52,76 dan postest 75,96 dengan n-gain sebesar 0,49 dengan kategori sedang. Pada pengujian t-test menunjukkan adanya perbedaan yitu hasil postest lebih besar dari hasil pretest. Simpulan dari penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis powerpoint layak digunakan dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran. Saran penelitian selanjutnya dapat menerapkan media pembelajaran dan menambah fasilitas media pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar IPS, media pembelajaran, powerpoint, STAD
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 06 Oct 2020 07:31
Last Modified: 06 Oct 2020 07:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39234

Actions (login required)

View Item View Item