HUBUNGAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH DAN MINAT BACA SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPS SD NEGERI KECAMATAN KLAMBU KABUPATEN GROBOGAN


Retno Wulansari, 1401416141 (2020) HUBUNGAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH DAN MINAT BACA SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPS SD NEGERI KECAMATAN KLAMBU KABUPATEN GROBOGAN. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 1401416141.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Gerakan Literasi Sekolah merupakan progam baru dari pemerintah guna menumbuhkan masyarakat literat sepanjang hayat. Melalui program Gerakan Literasi Sekolah diharapkan dapat menumbuhkan minat baca. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa adalah minat baca. Berdasarkan hasil observasi, terdapat permasalahan siswa kelas V SD Negeri Kecamatan Klambu Kabupaten Grobogan diantaranya Gerakan Literasi Sekolah yang kurang optimal sehingga membuat minat baca siswa bervariasi dan hasil belajar IPS bervariasi. Tujuan penelitian; (1) untuk menguji hubungan Gerakan Literasi Sekolah dengan hasil belajar IPS SD Negeri Kecamatan Klambu Kabupaten Grobogan; (2) untuk menguji hubungan minat baca siswa dengan hasil belajar IPS SD Negeri Kecamatan Klambu Kabupaten Grobogan; (3) untuk menguji hubungan Gerakan Literasi Sekolah dan minat baca siswa dengan hasil belajar IPS SD Negeri Kecamatan Klambu Kabupaten Grobogan. Jenis penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas V sebanyak 158 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster sampling dengan sampel sebanyak 114 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat analisis data dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan Gerakan Literasi Sekolah dengan hasil belajar IPS berikut nilai koefisien korelasi 0,651 termasuk kategori kuat; terdapat hubungan minat baca siswa dengan hasil belajar IPS berikut nilai koefisien korelasi 0,707 termasuk kategori kuat; terdapat hubungan Gerakan Literasi Sekolah dan minat baca siswa secara bersama-sama dengan hasil belajar IPS berikut nilai koefisien korelasi 0,746 termasuk kategori kuat. Simpulan penelitian ini terdapat hubungan yang positif dan signifikan Gerakan Literasi Sekolah dengan hasil belajar IPS; terdapat hubungan yang positif dan signifikan minat baca siswa dengan hasil belajar IPS; terdapat hubungan yang positif dan signifikan Gerakan Literasi Sekolah dan minat baca siswa secara bersama-sama dengan hasil belajar IPS. Disarankan guru sebaiknya dapat meningkatkan pelaksanaan program Gerakan Literasi Sekolah melalui kegiatan literasi sekolah yang lebih inovatif dan peningkatan fasilitas literasi sekolah yang lebih memadai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Gerakan Literasi Sekolah; hasil belajar; minat baca siswa
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 06 Oct 2020 07:20
Last Modified: 06 Oct 2020 07:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39233

Actions (login required)

View Item View Item