HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DAN DISIPLIN SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA SD NEGERI KECAMATAN BERGAS KABUPATEN SEMARANG


Erninda Dwi Cahyoningrum, 1401416123 (2020) HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DAN DISIPLIN SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA SD NEGERI KECAMATAN BERGAS KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 1401416123.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang ada di SD Negeri Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang menunjukkan bahwa, nilai Penilaian Tengah Semester Semester II pada mata pelajaran IPS yang tidak tuntas KKM sebesar 19%. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru, faktor yang mempengaruhi hasil belajar IPS rendah adalah perhatian orang tua dan disiplin siswa yang belum optimal. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh pengetahuan dan melakukan kajian secara ilmiah tentang hubungan perhatian orang tua dan disiplin siswa dengan hasil belajar IPS Kelas IV SDN Gugus Diponegoro Kecamatan bergas kabupaten semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi dengan sampel sebanyak 106 siswa diambil menggunakan sampel random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui angket, wawancara dan dokumentasi. Teknis analis data menggunakan analisis deskriptif, uji persyaratan data dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat hubungan antara perhatian orang tua dengan hasil belajar, interpretasi keeratan korelasi menunjukkan kategori yang sangat kuat dengan kontribusi sebesar 73,9%: terdapat hubungan antara disiplin siswa dengan hasil belajar, interpretasi keeratan korelasi menunjukkan kategori yang sangat kuat dengan kontribusi sebesar 67,4%, terdapat hubungan perhatian orang tua dan disiplin siswa secara bersama – sama dengan hasil belajar IPS, interpretasi keeretan korelasi menunjukkan kategori yang sangat kuat dengan kontribusi sebesar 81,7%. Simpulan penelitian ini terdapat hubungan positif dan signifikan perhatian orang tua dan hasil belajar IPS; terdapat hubungan positif dan signifikan disiplin siswa dan hasil belajar IPS; terdapat hubungan positif dan signifikan perhatian orang tua dan disiplin siswa dengan hasil belajar IPS. Disarankan guru dapat meningkatkan indikator perhatian orang tua yang lemah yaitu: memebrikan kebutuhan belajar serta indikator disiplin siswa yang lemah yaitu: disiplin belajar dirumah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: perhatian orang tua, disiplin siswa, hasil belajar IPS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 06 Oct 2020 07:19
Last Modified: 06 Oct 2020 07:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39232

Actions (login required)

View Item View Item