HUBUNGAN KETERAMPILAN MENGAJAR KELOMPOK KECIL DAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SD NEGERI KECAMATAN CEPIRING KABUPATEN KENDAL


Putri Septiana, 1401416119 (2020) HUBUNGAN KETERAMPILAN MENGAJAR KELOMPOK KECIL DAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SD NEGERI KECAMATAN CEPIRING KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 1401416119.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (6MB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir kritis perlu ditingkatkan untuk meghadapi abad 21. Berdasarkan pra penelitian siswa mudah terpengaruh jawaban tes teman yang dinilai lebih pintar. Kemampuan berpikir kritis dipengaruhi oleh keterampilan mengajar kelompok kecil dan kecerdasan emosional. Penelitian ini bertujuan menguji ada tidaknya hubungan keterampilan mengajar kelompok kecil dengan kemampuan berpikir kritis siswa, menguji ada tidaknya hubungan kecerdasan emosional dengan kemampuan berpikir kritis siswa serta menguji ada tidaknya hubungan keterampilan mengajar kelompok kecil dan kecerdasan emosional secara bersama-sama dengan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain korelasional. Populasi yaitu siswa kelas IV SD Negeri Kecamatan Cepiring Kabupaten Kendal sejumlah 204 siswa dan sampel penelitian 132 siswa dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket, tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji persyaratan analisis data, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan keterampilan mengajar kelompok kecil dengan kemampuan berpikir kritis siswa adapun nilai koefisien korelasi 0,643 termasuk kategori kuat. Terdapat hubungan kecerdasan emosional dengan kemampuan berpikir kritis siswa adapun nilai koefisien korelasi 0,643 termasuk kategori kuat. Terdapat hubungan keterampilan mengajar kelompok kecil dan kecerdasan emosional secara bersama-sama dengan kemampuan berpikir kritis siswa adapun nilai koefisien korelasi 0,703 termasuk kategori kuat. Simpulan penelitian ini terdapat hubungan yang positif dan signifikan keterampilan mengajar kelompok kecil dengan kemampuan berpikir kritis siswa, terdapat hubungan yang positif dan signifikan kecerdasan emosional dengan kemampuan berpikir kritis siswa, serta terdapat hubungan yang positif dan signifikan keterampilan mengajar kelompok kecil dan kecerdasan emosional secara bersama-sama dengan kemampuan berpikir kritis siswa. Disarankan guru dapat meningkatkan indikator keterampilan mengajar kelompok kecil yang masih lemah dengan cara guru dalam melakukan supervisi tugas kelompok secara adil serta indikator kecerdasan emosional yang masih lemah dengan cara mengajarkan siswa untuk tidak tergesa-gesa dalam mengambil keputusan agar kemampuan berpikir krtis siswa meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan emosional; Kemampuan berpikir kritis; Keterampilan mengajar kelompok kecil.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 06 Oct 2020 07:17
Last Modified: 06 Oct 2020 07:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39231

Actions (login required)

View Item View Item