HUBUNGAN MINAT BELAJAR DAN GAYA BELAJAR DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SD NEGERI KECAMATAN JEKULO KABUPATEN KUDUS


Khusnul Khotimah, 1401416118 (2020) HUBUNGAN MINAT BELAJAR DAN GAYA BELAJAR DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SD NEGERI KECAMATAN JEKULO KABUPATEN KUDUS. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 1401416118.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (7MB) | Preview

Abstract

Memasuki abad 21 kemampuan berpikir kritis siswa perlu ditingkatkan. Berdasarkan pra penelitian siswa mudah terpengaruh jawaban teman saat tes/ulangan. Kemampuan berpikir kritis dipengaruhi oleh minat belajar dan gaya belajar. Tujuan penelitan adalah menguji ada atau tidaknya hubungan minat belajar dengan kemampuan berpikir kritis siswa. Menguji ada atau tidaknya hubungan gaya belajar dengan kemampuan berfikir kritis siswa. Menguji ada atau tidaknya hubungan minat belajar dan gaya belajar secara bersama-sama dengan kemampuan berfikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain korelasional. Populasi penelitian ini adalah 188 siswa dan sampel berjumlah 128 siswa kelas IV SDN Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus dengan teknik sampel purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket, tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji persyaratan analisis data, dan hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan minat belajar dengan kemampuan berpikir kritis siswa menunjukkan nilai koefisien korelasi 0,659 dalam kategori kuat. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan gaya belajar dengan kemampuan berpikir kritis siswa menunjukkan nilai korelasi koefisien 0,634 dalam kategori kuat. Terdapat pengaruh positif dan signifikan minat belajar dan gaya belajar secara bersama-sama dengan kemampuan berpikir kritis siswa menunjukkan nilai koefisien korelasi 0,742 dalam kategori kuat. Simpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif dan signifikan minat belajar dengan kemampuan berpikir kritis kelas IV, terdapat hubungan yang positif dan signifikan gaya belajar dengan kemampuan berpikir kritis kelas IV, terdapat pengaruh positif dan signifikan minat belajar dan gaya belajar secara bersama-sama dengan kemampuan berpikir kritis kelas IV. Disarankan siswa dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dengan meningkatkan indikator minat belajar siswa yang masih lemah yaitu menambah kegiatan belajar dan dapat meningkatkan indikator gaya belajar siswa yang lemah yaitu gaya belajar kinestetik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: gaya belajar; kemampuan berpikir kritis; minat belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 06 Oct 2020 07:15
Last Modified: 06 Oct 2020 07:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39230

Actions (login required)

View Item View Item