KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN BERKOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN IPS SISWA SDN UNGARAN BARAT KABUPATEN SEMARANG


Tika Retnowati, 1401416083 (2020) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN BERKOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN IPS SISWA SDN UNGARAN BARAT KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 1401416083.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan data pra penelitian yang telah dilakukan di kelas V SDN Ungaran Barat didapat bahwa guru masih menggunakan metode ceramah satu arah dan pembelajaran masih didominasi oleh guru, sehingga membuat siswa terlihat pasif di kelas. Selain itu siswa tidak dapat mengembangkan pemikiranya dengan bertanya atau berpendapat kepada guru. Hal demikian perlu diberikan perlakuan seperti penggunaan model pembelajaran snowball throwing dimana model ini memberikan kebebasan kepada murid untuk menciptakan pengetahuan dengan mencoba memberi arti pada pengetahuan yang dialaminya. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah true experimental design dengan menggunakan bentuk pretest-posttest control group design. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik sampling purposive. Sampel penelitian ini yaitu SDN Lerep 05 sebagai kelas eksperimen dan SDN Lerep 04 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Tes hasil belajar yang digunakan berupa pretest dan posttest yang berbentuk uraian. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskripstif, uji hipotesis dan uji n-gain. Hasil uji t menunjukkan bahwa thitung>ttabel (4,824>2,012), artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa thitung<ttabel (0,226<2,023), artinya H0 diterima dan Ha ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan berkomunikasi kelas eksperimen lebih rendah atau sama dengan kelas kontrol. Hasil uji n-gain menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan kategori sedang. Simpulan penelitian ini yaitu, model pembelajaransnowball throwing efektif terhadap kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran IPS siswa kelas V SD Negeri Kecamatan Ungaram Barat dan model pembelajaransnowball throwing tidak efektif terhadap kemampuan berkomunikasi dalam pembelajaran IPS siswa kelas V SD Negeri Kecamatan Ungaran Barat. Saran untuk peneliti selanjutnya yaitu untuk mengkaji lebih dalam mengenai model pembelajaran snowball throwing dengan memperhatikan kelebihan dan kelemahan model tersebut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: snowball throwing; berpikir kritis; berkomunikasi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 06 Oct 2020 07:13
Last Modified: 06 Oct 2020 07:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39229

Actions (login required)

View Item View Item