PENGARUH PEMBERIAN PEKERJAAN RUMAH DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN SE-GUGUS DEWI SARTIKA KECAMATAN DUKUHWARU KABUPATEN TEGAL


Titi Amaliyah, 1401416081 (2020) PENGARUH PEMBERIAN PEKERJAAN RUMAH DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN SE-GUGUS DEWI SARTIKA KECAMATAN DUKUHWARU KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 1401416081.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar merupakan kemampuan yang dimiliki siswa setelah mengalami kegiatan belajar dalam bentuk perubahan perilaku. Ada dua faktor yang memengaruhi hasil belajar siswa, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa, diantaranya yaitu pemberian pekerjaan rumah dan motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pekerjaan rumah dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN se-Gugus Dewi Sartika Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN se-Gugus Dewi Sartika Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal, sebanyak 192 siswa. Sampel penelitian sebanyak 128 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling. Penelitian ini menggunakan metode penelitian ex post facto dengan jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat, dan uji hipotesis. Analisis deskriptif digunakan untuk memberikan gambaran tentang hasil pengumpulan suatu data tiap-tiap variabel yang diteliti. Uji prasyarat analisis dalam penelitian ini meliputi uji normalitas, linieritas, multikolinearitas, dan heteroskidastisitas. Uji hipotesis terdiri dari analisis korelasi sederhana, regresi sederhana, korelasi berganda, regresi berganda, koefisien determinan, dan koefisien secara bersama-sama (uji F). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh yang signifikan pemberian pekerjaan rumah terhadap hasil belajar matematika sebesar 9%; (2) ada pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika sebesar 7,7%; (3) ada pengaruh yang signifikan pemberian pekerjaan rumah dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika, sebesar 9,6%. Dapat disimpulkan bahwa, pemberian pekerjaan rumah dan motivasi belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN se-Gugus Dewi Sartika Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal. Berdasarkan hasil penelitian, maka diharapkan semua pihak baik orang tua, guru dan sekolah dapat meningkatkan pemberian pekerjaan rumah dan motivasi belajar dengan melakukan kerjasama yang baik dengan memberikan dukungan, bimbingan dan pengawasan pada kegiatan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Motivasi Belajar; Pemberian Pekerjaan Rumah
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 06 Oct 2020 07:11
Last Modified: 06 Oct 2020 07:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39228

Actions (login required)

View Item View Item