KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIKA SISWA SDN KECAMATAN MOJOTENGAH KABUPATEN WONOSOBO


Amaliyah Sarifatul Latifah, 1401416080 (2020) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIKA SISWA SDN KECAMATAN MOJOTENGAH KABUPATEN WONOSOBO. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 1401416080.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kecamatan Mojotengah Kabupaten Wonosobo, diperoleh permasalahan dalam proses pembelajaran yaitu guru menyampaikan materi menggunakan metode pembelajaran yang kurang menyenangkan dan inovatif yang menyebabkan rendahnya minat belajar matematika siswa. Serta dari jumlah seluruh siswa kelas V SDN Gugus Kartini Kecamatan Mojotengah Kabupaten Wonosobo yaitu 97 siswa terdapat 44 siswa dengan nilai matematika dibawah KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy) terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan representasi matematika siswa SDN Gugus Kartini Kecamatan Mojotengah Kabupaten Wonosobo. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental bentuk The Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Gugus Kartini Kecamatan Mojotengah Kabupaten Wonosobo dengan sampel siswa kelas V SDN 1 Bumirejo sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V SDN 2 Krasak sebagai kelas kontrol dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis dan uji n-gain. Hasil uji hipotesis kemampuan pemecahan masalah menunjukkan model pembelajaran SAVI efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai postes kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas control (71,58>58,90). Hasil uji hipotesis kemampuan representasi menunjukkan model pembelajaran SAVI efektif terhadap kemampuan representasi. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai postes kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (76,83>60,45). Simpulan penelitian ini yaitu model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy) efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan reprsentasi matematika siswa kelas V SDN Gugus Kartini Kecamatan Mojotengah Kabupaten Wonosobo. Saran bagi guru yaitu melalui proses pembelajaran yang menyenangkan guru dapat memberikan materi dengan indikator pembelajaran terkait kemampuan matematis seperti kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan representasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kemampuan pemecahan masalah; kemampuan representasi; model pembelajaran SAVI
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 06 Oct 2020 07:09
Last Modified: 06 Oct 2020 07:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39227

Actions (login required)

View Item View Item