KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEADS TOGETHER BERBANTU MEDIA TEKA-TEKI SILANG DITINJAU DARI MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PKn PESERTA DIDIK KELAS 3 SD KALISOKA 3 KABUPATEN TEGAL


Berly Dwi Apriasih, 1401416077 (2020) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEADS TOGETHER BERBANTU MEDIA TEKA-TEKI SILANG DITINJAU DARI MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PKn PESERTA DIDIK KELAS 3 SD KALISOKA 3 KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 1401416077.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (9MB) | Preview

Abstract

Salah satu faktor kurang maksimalnya proses pembelajaran PKn adalah guru kurang inovatif dalam menerapkan model pembelajaran, sehingga peserta didik merasa bosan dan kurang termotivasi mengikuti pembelajaran PKn. Melalui model NHT berbantu media TTS, pembelajaran PKn menjadi lebih aktif dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan perbedaan motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas 3 antara yang menggunakan model NHT berbantu media TTS dengan model konvensional dan membuktikan keefektifannya ditinjau dari motivasi dan hasil belajar PKn peserta didik kelas 3 materi bangga sebagai Bangsa Indonesia di SD Kalisoka 2 dan 3 Kabupaten Tegal. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas 3 SD Kalisoka 2 dan 3 Kabupaten Tegal sebanyak 32 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat perbedaan yang signifikan motivasi belajar peserta didik kelas 3 antara yang menggunakan model NHT berbantu media TTS dengan yang menggunakan model konvensional. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan thitung > ttabel (4,297 > 2,042) dan nilai signifikansi 0,000 ˂ 0,05; (2) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar peserta didik kelas 3 antara yang menggunakan model NHT berbantu media TTS dengan yang menggunakan model konvensional. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan thitung > ttabel (2,141 > 2,042) dan nilai signifikansi 0,02 ˂ 0,05; (3) model NHT berbantu media TTS efektif ditinjau dari motivasi belajar peserta didik kelas 3. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan thitung > ttabel (5,642 > 2,120) dan nilai signifikansi 0,000 ˂ 0,05; (4) model NHT berbantu media TTS efektif ditinjau dari hasil belajar peserta didik kelas 3. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan thitung > ttabel (3,331 > 2,120) dan nilai signifikansi 0,004 ˂ 0,05. Simpulannya yaitu model NHT berbantu media TTS efektif meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas 3 SD Kalisoka 3 Kabupaten Tegal. Peneliti menyarankan kepada guru untuk menggunakan media yang konkret dan menarik dalam menjelaskan materi pelajaran sehingga peserta didik dapat memahami materi dengan baik dan termotivasi dalam belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Media TTS; Model NHT; Motivasi Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 06 Oct 2020 07:07
Last Modified: 06 Oct 2020 07:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39226

Actions (login required)

View Item View Item