KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DITINJAU DARI MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI SIDOHARJO 02 KABUPATEN TEGAL


Intan Dwi Candra, 1401416064 (2020) KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DITINJAU DARI MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI SIDOHARJO 02 KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 1401416064.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (12MB) | Preview

Abstract

guru kurang inovatif dalam menerapkan model pembelajaran sehingga siswa merasa pasif dan kurang tertarik dalam pembelajaran. Penerapan model Teams Games Tournament dalam proses pembelajaran membuat siswa menjadi lebih aktif dan senang. Penelitian ini bertujuan untuk menguji Keefektifan Model Teams Games Tournament ditinjau dari Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Sidoharjo 02 Kabupaten Tegal. Desain penelitian menggunakan Quasi Experimental dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi yang akan digunakan dalam penelitian ini berjumlah 88 siswa terdiri dari 43 siswa kelas eksperimen dan 45 siswa kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, tes, dan angket. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil uji hipotesis penelitian ditinjau dari minat dan hasil belajar siswa. Hasil uji hipotesis perbedaan minat belajar menunjukkan bahwa thitung > ttabel (2,798 > 1,988) dan nilai signifikansi ˂ 0,05 (0,006 ˂ 0,05), sedangkan uji perbedaan hasil belajar menunjukkan thitung > ttabel (2,803 > 1,988) dan nilai signifikansi kurang dari 0,05 (0,006 < 0,05). Uji keefektifan minat belajar menunjukkan thitung > ttabel (3,426 > 2,018) dan nilai signifikansi kurang dari 0,05 (0,001 < 0,05) sedangkan uji keefektifan hasil belajar menunjukkan thitung > ttabel (3,756 > 2,018) dan nilai signifikansi kurang dari 0,05 (0,001 < 0,05). Penerapan model Teams Games Tournament lebih baik ditinjau dari minat belajar dan hasil belajar karena selisih rata-rata nilai awal dan akhir minat belajar di kelas eksperimen yaitu 2,32 lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu (-1,86) dan selisih rata-rata nilai awal dan akhir hasil belajar di kelas eksperimen yaitu 38,3 lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 33,44. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Teams Games Tournament telah terbukti efektif ditinjau dari minat dan hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri Sidoharjo 02 Kabupaten Tegal. Disarankan kepada guru hendaknya menggunakan model Teams Games Tournament, karena terbukti efektif ditinjau dari minat dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Subtema Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, minat belajar, model Teams Games Tournament.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 06 Oct 2020 07:05
Last Modified: 06 Oct 2020 07:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39225

Actions (login required)

View Item View Item