PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN GUGUS DR. WAHIDIN SUDIROHUSODO KECAMATAN KRAMAT KABUPATEN TEGAL
Nadya Ulul Azmi, 1401416063 (2020) PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN GUGUS DR. WAHIDIN SUDIROHUSODO KECAMATAN KRAMAT KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (6MB) | Preview |
Abstract
Proses belajar merupakan implementasi pelaksanaan tujuan pendidikan seseorang untuk menjadikan seseorang tersebut memiliki kualitas hidup yang lebih baik. Tercapainya tujuan pendidikan pada siswa yang mengikuti proses belajar mengajar bertolok ukur pada hasil belajar. Hasil belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya yaitu lingkungan belajar di sekolah dan perhatian orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar di sekolah dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Gugus Dr. Wahidin Sudirohusodo Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 288 siswa. Variabel dalam penelitian ini meliputi lingkungan belajar di sekolah, perhatian orang tua, dan hasil belajar matematika. Pengambilan sampel menggunakan teknik Probability Sampling tipe Simple Random Sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin dengan taraf kesalahan 5%, diperoleh sampel sebanyak 168 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan angket. Penelitian ini telah memenuhi uji prasyarat analisis dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan lingkungan belajar di sekolah terhadap hasil belajar matematika dengan hasil penelitian diperoleh thitung > ttabel (8,092 > 1,974). Korelasi sebesar 0,532 dengan kontribusi sebesar 28,3%; (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan perhatian orang tua terhadap hasil belajar matematika dengan hasil penelitian diperoleh thitung > ttabel (9,221 > 1,974). Korelasi sebesar 0,582 dengan kontribusi sebesar 33,9%; (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan lingkungan belajar di sekolah dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar matematika dengan hasil penelitian diperoleh Fhitung > Ftabel (77,218 > 3,050). Korelasi sebesar 0,695 dengan kontribusi sebesar 48,3%. Saran peneliti yaitu hendaknya sekolah menyediakan fasilitas lingkungan belajar di sekolah yang lebih optimal serta guru dan perangkat sekolah lain dapat menjalin hubungan yang baik dengan orang tua siswa, sehingga dapat membantu meningkatkan perhatian orang tua siswa secara optimal. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat mencari faktor lain selain lingkungan belajar di sekolah dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar matematika.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar Matematika, Lingkungan Belajar di Sekolah, Perhatian Orang Tua. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 06 Oct 2020 07:03 |
Last Modified: | 06 Oct 2020 07:03 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39224 |
Actions (login required)
View Item |