PENGARUH MINAT BACA DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS V SD GUGUS SULTAN AGUNG KECAMATAN PANGKAH KABUPATEN TEGAL


Nur Latifah, 1401416058 (2020) PENGARUH MINAT BACA DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS V SD GUGUS SULTAN AGUNG KECAMATAN PANGKAH KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 1401416058.pdf]
Preview
PDF
Download (6MB) | Preview
[thumbnail of 1401416058.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (6MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar merupakan informasi yang berfungsi untuk mengetahui kemampuan dalam penguasaan materi pelajaran yang telah diterima dari guru. Berdasarkan hasil studi pendahuluan, diperoleh informasi bahwa hasil belajar tematik siswa kelas V SDN Gugus Sultan Agung Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal menunjukkan sebanyak 42,86% siswa belum tuntas dalam memenuhi KKM. Rendahnya hasil belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor, dua diantaranya adalah minat baca dan perhatian orang tua. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh minat baca dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar tematik siswa kelas V SDN Gugus Sultan Agung Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adlah seluruh siswa kelas V SDN Gugus Sultan Agung Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal yang berjumlah 203 siswa dengan jumlah sampel penelitian 135 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan jenis simple random sampling. Teknik pengumpulan data ujian menggunakan wawancara, dokumentasi, tes, dan angket. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi sederhana, analisis regresi sederhana, analisis korelasi ganda, analisis regresi ganda, analisis determinasi (R2 ), dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh yang positif dan signifikan minat baca terhadap hasil belajar tematik yang ditunjukkan dengan nilai thitung> ttabel (2,906 > 1,978) dengan pengaruh sebesar 6%; (2) ada pengaruh yang positif dan signifikan perhatian orang tua terhadap hasil belajar tematik yang ditunjukkan dengan nilai thitung> ttabel (3,934 > 1,978) dengan pengaruh sebesar 10,4%; dan (3) ada pengaruh yang positif dan signifikan minat baca dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar tematik yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung>Ftabel (9,234 > 3,065) dengan pengaruh sebesar 12,3%. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa minat baca dan perhatian orang tua berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar tematik siswa kelas V SDN Gugus Sultan Agung Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal. Disarankan pada pihak sekolah dan guru hendaknya dapat meningkatkan minat baca dan perhatian orang tua siswa dalam kegiatan pembelajaran tematik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, minat baca, perhatian orang tua
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 06 Oct 2020 07:01
Last Modified: 06 Oct 2020 07:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39223

Actions (login required)

View Item View Item