HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN GUGUS JENDRAL SUDIRMAN KABUPATEN PATI


Norma Handayani, 1401416052 (2020) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN GUGUS JENDRAL SUDIRMAN KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 1401416052.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (8MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan pada siswa kelas IV SDN Gugus Jendral Sudirman Kabupaten Pati menunjukkan sebagian siswa memiliki motivasi belajar dan keterlibatan dalam kegiatan pembelajaran yang rendah, serta hasil nilai matematika yang rendah. Motivasi belajar dan keaktifan siswa menjadi faktor yang dapat memengaruhi hasil belajar siswa. Semakin tinggi motivasi belajar dan keaktifan siswa, maka hasil belajar yang didapatkan akan semakin baik pula. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan motivasi belajar dan keaktifan siswa dengan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Gugus Jendral Sudirman Kabupaten Pati. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis korelasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu 109 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah proportional random sampling. Penelitian ini mempunyai dua variabel penelitian yaitu motivasi belajar dan keaktifan siswa sebagai variabel bebas, serta hasil belajar matematika sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji multikolinearitas, uji korelasi sederhana, uji korelasi ganda, uji F, dan uji koefisien determinasi. Hasil analisis data penelitian menunjukkan; (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika dengan hasil rhitung 0, 649 > rtabe 0, 158; (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara keaktifan siswa terhadap hasil belajar matematika dengan hasil rhitung 0, 640 > rtabel 0, 158; (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan keaktifan siswa terhadap hasil belajar matematika dengan hasil rhitung 0, 723 > rtabel 0, 158. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan keaktifan siswa dengan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Gugus Jendral Sudirman Kabupaten Pati. Saran bagi guru, sekolah, dan orangtua diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar dan keaktifan siswa sehingga siswa dapat memperoleh hasil belajar yang maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar; keaktifan siswa; hasil belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 06 Oct 2020 06:59
Last Modified: 06 Oct 2020 06:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39222

Actions (login required)

View Item View Item