PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU DAN TUTOR SEBAYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PPKn SISWA KELAS V SD NEGERI DABIN SLEROK KECAMATAN TEGAL TIMUR KOTA TEGAL


Rizky Wahyu Hidayani, 1401416042 (2020) PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU DAN TUTOR SEBAYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PPKn SISWA KELAS V SD NEGERI DABIN SLEROK KECAMATAN TEGAL TIMUR KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 1401416042.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Motivasi merupakan salah satu faktor yang ikut menentukan keberhasilan siswa di dalam belajar. Motivasi setiap siswa berpengaruh terhadap aktivitas belajarnya. Beberapa faktor yang memengaruhi motivasi belajar di antaranya gaya mengajar guru dan tutor sebaya. Gaya mengajar guru dan tutor sebaya yang ada merupakan faktor ekstrinsik yang dapat berpengaruh terhadap motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya mengajar dan tutor sebaya terhadap motivasi belajar PPKn siswa kelas V SD Negeri Dabin Slerok Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto, pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas V SD Negeri Dabin Slerok yang berjumlah 266. Pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling dengan jenis proportionate stratified random sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin dengan taraf kesalahan 5%, diperoleh sampel sebanyak 160 siswa. Variabel dalam penelitian ini meliputi motivasi belajar PPKn, gaya mengajar guru, dan tutor sebaya. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket tertutup dengan skala likert dengan empat opsi jawaban untuk motivasi belajar, gaya mengajar guru, dan tutor sebaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara gaya mengajar guru terhadap motivasi belajar PPKn ditunjukkan dengan thitung > ttabel yaitu 7,790 > 1,974 dan korelasi keduanya sebesar 0,527 atau sedang. Besar sumbangan gaya mengajar sebesar 28%; (2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara tutor sebaya terhadap motivasi belajar PPKn ditunjukkan dengan thitung > ttabel yaitu 8,409 > 1,976 dan korelasi keduanya dalam kategori sedang (0,556). Besar sumbangan tutor sebaya sebesar 31%; (3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara gaya mengajar guru dan tutor sebaya terhadap motivasi belajar PPKn ditunjukkan dengan Fhitung > Ftabel (65,758 > 3,053) dan korelasi ganda dalam kategori kuat (0,675). Besar sumbangan gaya mengajar guru dan tutor sebaya sebesar 46%. Berdasarkan hasil penelitian, maka semua pihak baik sekolah maupun guru hendaknya meningkatkan pelaksanaan gaya mengajar interaksional dan tutor sebaya siswa, sehingga dapat mencapai motivasi belajar PPKn yang lebih optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Gaya Mengajar; Motivasi Belajar PPKn; Tutor Sebaya.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 06 Oct 2020 06:53
Last Modified: 06 Oct 2020 06:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39219

Actions (login required)

View Item View Item