PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS ENSIKLOPEDIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 05 BEJI PEMALANG


Rizki Septiana Devi, 1401416038 (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS ENSIKLOPEDIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 05 BEJI PEMALANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 1401416038.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (19MB) | Preview

Abstract

Ilmu Pengetahuan Sosial ialah satu diantara muatan pembelajaran pada tingkat dasar dan menengah yang mempelajari tentang berbagai kejadian, fakta, konsep dan generalisasi kaitannya dengan isu sosial. Berdasarkan prapenelitian yang telah dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi di kelas V SDN 05 Beji menunjukkan permasalahan dalam pembelajaran muatan IPS. Keterbatasan sumber belajar dan minimnya penggunaan media pembelajaran menyebabkan masih rendahnya hasil belajar muatan IPS. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana desain pengembangan, kelayakan, dan keefektifan bahan ajar berbasis ensiklopedia dalam pembelajaran IPS kelas V SDN 05 Beji. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis ensiklopedia untuk meningkatkan hasil belajar muatan IPS siswa di kelas V SDN 05 Beji, Pemalang. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model Borg & Gall yang diadaptasi oleh Sugiyono dengan 8 langkah yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; 4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian. Populasi peelitian ini adalah siswa kelas V SDN 05 Beji Pemalang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni tes, angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk, analisis data awal dan analisis data akhir. Hasil penelitian menunjukan bahwa bahan ajar berbasis ensiklopedia sangat layak digunakan dengan presentase kelayakan penyajian oleh ahli media sebesar 94,1%, kelayakan isi oleh ahli materi sebesar 95% dan kelayakan bahasa oleh ahli bahasa sebesar 91,7%. Hasil uji perbedaan rata-rata menggunakan uji t diperoleh nilai sig. (2-failed) sebesar 0,000 < 0,050 sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar pretest dan posttest. Peningkatan rata-rata (N-gain) data pretest dan posttest diperoleh sebesar 0,417 dengan kriteria sedang. Simpulan dari penelitian ini adalah bahan ajar berbasis efektif untuk digunakan dalam pembelajaran IPS materi Peristiwa Kedatangan Bangsa Eropa di Indonesia untuk kelas V. Saran penelitian selanjutnya dapat menerapkan bahan ajar berbasis ensiklopedia pada muatan pembelajaran lainnya dengan memperbaiki tampilan desain dan menambah referensi untuk memperdalam pembahasan materi dalam bahan ajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar; IPS; Ensiklopedia
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 06 Oct 2020 06:50
Last Modified: 06 Oct 2020 06:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39218

Actions (login required)

View Item View Item