STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP SOSIAL PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS IV SDN PETOMPON 02 KOTA SEMARANG
Elsa Widiyanti, 1401416019 (2020) STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP SOSIAL PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS IV SDN PETOMPON 02 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan sebagai sarana mencerdaskan kehidupan bangsa melalui aspek afektif, kognitif, dan psikomotorik. Di era globalisasi ini, masih banyak permasalahan sikap yang tidak berkembang dengan baik seperti penyimpangan sikap sosial. Programme for International Student Assessment (PISA) menyebutkan 41% siswa di Indonesia menjadi korban bully dan 17% dilanda kesepian. SDN Petompon 02 Kota Semarang telah mengembangkan sikap sosial melalui berbagai strategi, namun hal itu juga tidak terlepas dari berbagai kendala, sehingga diperlukan solusi yang tepat. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan sikap-sikap sosial yang telah dikembangakan serta strategi, kendala, dan solusi yang dilakukan guru dalam mengembangkan sikap sosial pembelajaran tematik siswa kelas IV SDN Petompon 02 Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif dengan teknik pengambilan data utama berupa wawancara, observasi, dan angket. Peneliti melakukan wawancara dengan guru kelas IV SDN Petompon 02 Kota Semarang untuk mendapatkan data seputar strategi pengembangan sosial siswa dalam pembelajaran tematik. Selain itu, data sekunder juga diperoleh melalui wawancara dengan perwakilan orangtua siswa, dokumentasi dokumen-dokumen yang terkait dengan strategi guru, sikap sosial siswa, dan pembelajaran tematik serta catatan lapangan. Analisis data dilakukan sebelum dan sesudah di lapangan. Adapun sebelum di lapangan dilakukan dengan melakukan pra penelitian, sedangkan setelah di lapangan analisis data menggunakan miles and hubberman. Hasil penelitian menunjukkan data adanya sikap sosial yang telah dikembangkan guru kelas IV SDN Petompon 02 Kota Semarang yaitu jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, percaya diri, dan santun melalui pola pembiasaan dan modelling. Strategi yang digunakan yaitu melalui 4 fase, (1) persiapan dengan cara membuat perencanaan pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), (2) penyampaian dilakukan dengan memberi nasehat dan bimbingan kepada siswa maupun mengintegrasikan pendidikan sikap dalam pembelajaran, (3) praktik melalui kegiatan-kegiatan rutin di sekolah dan saat proses pembelajaran, (4) evaluasi pembelajaran dengan melakukan pencatatan sikap siswa dalam jurnal sikap. Kendala yang dihadapi guru yaitu waktu belajar di sekolah yang terbatas, kondisi keluarga siswa kurang mendukung, pengaruh dari kemajuan teknologi, dan kondisi lingkungan siswa tidak kondusif. Adapaun solusi yang dilakukan guru untuk mengembangkan sikap sosial adalah bekerjasama dengan orang tua siswa melalui grup whatsapp, mengadakan pertemuan antara orangtua dan guru, serta melakukan bimbingan khusus pada siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Tematik, Sikap Sosial, Strategi Guru |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 06 Oct 2020 06:42 |
Last Modified: | 06 Oct 2020 06:42 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39215 |
Actions (login required)
View Item |