PENGEMBANGAN MEDIA KANORADO (KARTU KRONOLOGI SEJARAH INDONESIA) BERBASIS QR-CODE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SDN MANGKANG KULON 02


Evi Meliawati, 1401416013 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA KANORADO (KARTU KRONOLOGI SEJARAH INDONESIA) BERBASIS QR-CODE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SDN MANGKANG KULON 02. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 1401416013.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (13MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPS memiliki fungsi membina peserta didik menjadi warga negara yang baik, dengan berbekal pengetahuan serta kepedulian sosial bagi dirinya, masyarakat, dan negara. Tujuan pembelajaran IPS didukung dengan ketersediaan media dalam pembelajaran agar menjadi lebih efektif dan efisien. Berdasarkan permasalahahan yang diperoleh dalam kegiatan pra penelitian di SDN Mangkang Kulon 02, penggunaan media dalam pembelajaran IPS belum optimal sehingga hasil belajar siswa rendah. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana pengembangan, kelayakan, dan keefektifan media kanorado (kartu kronologi sejarah Indonesia) berbasis QR-Code. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji kelayakan dan menguji keefektifan media kanorado (kartu kronologi sejarah Indonesia) berbasis QR-Code pada pembelajaran IPS. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan model pengembangan Borg and Gall yang diadaptasi oleh Sugiyono dengan dibatasi hanya sampai pada 8 langkah tahapan , yaitu 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) ujicoba produk, 7) ujicoba pemakaian, dan 8) produk akhir. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Mangkang Kulon 02 dengan teknik pengumpulan data mengunakan metode tes dan non-tes. Teknik analisis data meliputi analisis produk, analisis data awal dan analisis data akhir dengan uji-t dan N-gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media kanorado berbasis QR-Code dinyatakan sangat layak oleh ahli media dengan persentase 100%, persentase ahli materi 90,9%, dan persentase ahli bahasa 86,1%). Media pembelajaran kanorado berbasis QR-Code berpengaruh terhadap hasil belajar IPS yang ditunjukkan dengan adanya perbedaan rata-rata melalui uji-t dengan nilai t hitung > t tabel yaitu 53,46 > 2,039 dan peningkatan rata-rata melalui uji n-gain sebesar 0,334 dengan kategori sedang. Simpulan penelitian ini adalah media kanorado berbasis QR-Code efektif digunakan pada pembelajaran IPS materi peristiwa kebangsaan seputar proklamasi kemerdekaan. Saran penelitian ini adalah media kanorado berbasis QR-Code dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan sebagai media pembelajaran IPS di kelas V, serta memfasilitasi guru dengan diadakannya pelatihan pengembangan media pembelajaran oleh pihak sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media kartu, QR-Code, hasil belajar, pembelajaran IPS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 06 Oct 2020 06:38
Last Modified: 06 Oct 2020 06:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39213

Actions (login required)

View Item View Item