KEEFEKTIFAN MODEL LEARNING CYCLE 7E DITINJAU DARI MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN TEGAL WANGI 02 KABUPATEN TEGAL
Siti Kurniasih, 1401416010 (2020) KEEFEKTIFAN MODEL LEARNING CYCLE 7E DITINJAU DARI MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN TEGAL WANGI 02 KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (12MB) | Preview |
Abstract
Faktor yang menyebabkan proses pembelajaran belum optimal adalah siswa belum aktif di kelas karena hanya menerima materi yang disampaikan oleh guru, rasa ingin tahu siswa terhadap materi yang dipelajari tergolong rendah. Motivasi yang dimiliki siswa akan lebih baik jika diimbangi dengan kreasi model pembelajaran berbasis konstruktivisme yang berpusat pada siswa. Salah satu model pembelajaran yang sesuai yaitu model pembelajaran Learning Cycle 7E. Penelitian ini bertujuan untuk menguji Keefektifan Model Learning Cycle 7E ditinjau dari Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Tegalwangi 02 Kecamatan Talang Kabupaten Tegal. Desain penelitian menggunakan Quasi Experimental dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Tegalwangi 02 Kabupaten Tegal berjumlah 58 siswa terdiri dari 28 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, tes, dan angket. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil uji hipotesis penelitian ditinjau dari motivasi dan hasil belajar siswa. Hasil uji hipotesis perbedaan motivasi belajar menunjukkan bahwa thitung > ttabel (2.020 > 2.003) dan nilai signifikansi ˂ 0,05 (0,048 ˂ 0,05), sedangkan uji perbedaan hasil belajar menunjukkan thitung > ttabel (2.058 > 2.003) dan nilai signifikansi kurang dari 0,05 (0,044 < 0,05). Uji keefektifan motivasi belajar menunjukkan thitung > ttabel (2.883 > 2.052) dan nilai signifikansi kurang dari 0,05 (0,008 < 0,05) sedangkan uji keefektifan hasil belajar menunjukkan thitung > ttabel (2.819 > 2.052) dan nilai signifikansi kurang dari 0,05 (0,009 < 0,05). Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan motivasi dan hasil belajar Tema 7 Subtema 1 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan pada muatan pelajaran IPA antara yang menggunakan model Learning Cycle 7E dan tidak menggunakan model Learning Cycle 7E. Model Learning Cycle 7E efektif ditinjau dari motivasi dan hasil belajar Tema 7 Subtema 1 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan pada muatan pelajaran IPA pada siswa kelas V SDN Tegalwangi 02.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Model Learning Cycle 7E, Motivasi Belajar |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 06 Oct 2020 06:36 |
Last Modified: | 06 Oct 2020 06:36 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39212 |
Actions (login required)
View Item |