PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ELEKTRONIK FLIPBOOK INTERAKTIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL SEBAGAI SUMBER BELAJAR MUATAN IPS SISWA KELAS V SDN 1 WULUNG BLORA


Arina Muallifah, 1401416009 (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ELEKTRONIK FLIPBOOK INTERAKTIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL SEBAGAI SUMBER BELAJAR MUATAN IPS SISWA KELAS V SDN 1 WULUNG BLORA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 1401416009.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (14MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan data pra penelitian yang dilakukan di SDN 1 Wulung Blora melalui observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi, terdapat permasalahan terkait sumber belajar yang kurang variatif sehingga belum memfasilitasi pada pembelajaran IPS. Guru sebatas menggunakan buku guru dan buku siswa serta buku KTSP yaitu Buku Elektronik Sekolah (BSE). Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana desain pengembangan, kelayakan, dan keefektifan bahan ajar elektronik flipbook interaktif berbasis kearifan lokal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan, menguji kelayakan, dan menguji keefektifan bahan ajar elektronik flipbook interaktif berbasis kearifan lokal. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model Borg & Gall yang diadaptasi Sugiyono dengan 8 langkah yaitu: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, dan uji coba pemakaian. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 1 Wulung Blora berjumlah 55 siswa. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan tes, angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk berupa analisis kelayakan media dan analisis tanggapan guru dan siswa, analisis data awal berupa uji normalitas, dan analisis data akhir berupa uji t dan N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar sangat layak digunakan dengan presentase kelayakan penyajian sebesar 89,06%, kelayakan isi sebesar 93,75%, dan kelayakan bahasa sebesar 93,75%. Keefektifan bahan ajar ditunjukkan dengan hasil uji perbedaan rata-rata uji t diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,050 sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar pretest dan posttest. Peningkatan rata-rata (N-gain) data pretest dan posttest diperoleh sebesar 0,355 dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah bahan ajar elektronik flipbook interaktif berbasis kearifan lokal layak dan efektif digunakan pada pembelajaran muatan IPS materi interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya. Saran penelitian selanjutnya adalah memperbaiki tampilan desain dan menambah gambar serta video yang sesuai dengan lingkungan siswa

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar Elektronik, Flipbook Interaktif, IPS, Kearifan Lokal
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 06 Oct 2020 06:34
Last Modified: 06 Oct 2020 06:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39211

Actions (login required)

View Item View Item