PENGARUH MINAT BACA DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SD SE-GUGUS KARTINI KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN TEGAL


Desi Khoerunnisa, 1401416004 (2020) PENGARUH MINAT BACA DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SD SE-GUGUS KARTINI KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 1401416004.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (13MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran membaca di sekolah perlu difokuskan pada aspek kemampuan memahami isi bacaan. Faktor penyebab rendahnya kemampuan membaca siswa adalah kemampuan berbahasa Indonesia yang kurang, minat baca yang rendah, perpustakaan sekolah yang kurang menunjang, dan dorongan orang tua yang kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsi pengaruh minat baca dan perhatian orang tua terhadap kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas IV SD se-Gugus Kartini Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Tegal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 268 siswa. Variabel pada penelitian ini meliputi minat baca (X1), perhatian orang tua (X2), dan kemampuan membaca pemahaman (Y). Pengambilan sampel menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu Proportionate Stratified Random Sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin dengan taraf kesalahan 5%, diperoleh sampel sebanyak 158 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara, angket, dan tes. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan tiga teknik analisis, yaitu analisis deskriptif statistik, uji prasyarat analisis, dan uji analisis akhir (uji hipotesis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan minat baca (X1) terhadap kemampuan membaca pemahaman pada siswa (????1 ≠ 0) dengan pengaruh sebesar 35%; (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan perhatian orang tua (X2) terhadap kemampuan membaca pemahaman pada siswa (????2 ≠ 0) dengan pengaruh sebesar 65%; dan (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan minat baca dan perhatian orang tua terhadap kemampuan membaca pemahaman pada siswa (????3 ≠ 0) dengan pengaruh sebesar 67,3%. Hasil ini dibuktikan dari uji F, dimana Fhitung > Ftabel (159,423 > 3,054). Hasil tersebut menjelaskan bahwa H03 ditolak dan Ha3 diterima. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa minat baca dan perhatian orang tua berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SD se-Gugus Kartini Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Tegal. Guru diharapkan dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa dengan memberikan penugasan yang mengharuskan siswa membaca. Pihak sekolah juga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di semua mata pelajaran, khususnya yang berkaitan dengan pembelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca Pemahaman; Minat Baca; Perhatian Orang Tua.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 06 Oct 2020 06:32
Last Modified: 06 Oct 2020 06:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39210

Actions (login required)

View Item View Item