HUBUNGAN MOTIVASI DAN FASILITAS BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MUATAN PPKn SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS HASANUDIN KECAMATAN GEMOLONG KABUPATEN SRAGEN


Rosa Dewi Astriwi, 1401415456 (2020) HUBUNGAN MOTIVASI DAN FASILITAS BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MUATAN PPKn SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS HASANUDIN KECAMATAN GEMOLONG KABUPATEN SRAGEN. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 1401415456.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar siswa dipengaruhi beberapa faktor yang dapat berasal dari dalam diri siswa sendiri dan dari lingkungan siswa. Faktor dari dalam diri siswa berupa kemampuan berpikir dan bertingkah laku secara intelektual, motivasi, minat serta kesiapan diri siswa untuk menerima suatu pembelajaran. Sementara faktor dari luar diri siswa atau lingkungan siswa berupa sarana dan prasarana, kompetensi guru, kreativitas guru, sumber belajar, metode, dan dukungan dari lingkungan siswa itu sendiri. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SD Negeri Gugus Hasanudin Kecamatan Gemolong saat pra penelitian, diketahui bahwa fasilitas belajar siswa masih kurang. Motivasi siswa untuk mengikuti pembelajaran juga masih kurang. Hasil belajar siswa untuk muatan PPKn di gugus ini pun kurang maksimal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara motivasi dan fasilitas belajar dengan hasil belajar muatan PPKn siswa kelas V SD Negeri Gugus Hasanudin. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis korelasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri Gugus Hasanudin Kecamatan Gemolong Kabupaten Sragen dengan jumlah 164 siswa dan sampel penelitian sejumlah 115 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan tektik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner/angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif, uji prasyarat, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalah (1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar muatan PPKn siswa ditunjukan dengan nilai r hitung > r tabel yaitu 0,696 > 0,176, (2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar dengan hasil belajar muatan PPKn siswa ditunjukan dengan nilai r hitung > r tabel yaitu 0,597 > 0,176, (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi dan fasilitas belajar dengan hasil belajar muatan PPKn siswa ditunjukan dengan nilai r hitung > r tabel yaitu 0,692 > 0,176. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini menunjukan adanya hubungan yang positif serta signifikan antara motivasi dan fasilitas belajar dengan hasil belajar muatan PPKn siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar; fasilitas belajar; hasil belajar muatan PPKn
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 06 Oct 2020 03:57
Last Modified: 06 Oct 2020 03:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39208

Actions (login required)

View Item View Item