HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN EFIKASI DIRI SISWA GUNA MEMECAHKAN MASALAH DALAM KONSELING INDIVIDU DI SMK HIDAYAH SEMARANG


Yolanda Puspita Dewi, 1301415010 (2020) HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN EFIKASI DIRI SISWA GUNA MEMECAHKAN MASALAH DALAM KONSELING INDIVIDU DI SMK HIDAYAH SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 1301415010.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat konsep diri siswa, efikasi diri dalam memecahkan masalah, dan hubungan antara konsep diri dengan efikasi diri dalam memecahkan masalah melalui konseling individu di SMK Hidayah Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling dan teknik simple random sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 84 siswa kelas X, XI dan XII SMK Hidayah Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan skala konsep diri dan skala efikasi diri dalam memecahkan masalah. Analisis data yang digunakan pada uji hipotesis adalah uji korelasi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan antara konsep diri dengan efikasi diri dalam memecahkan masalah melalui konseling individu di SMK Hidayah Semarang. Hal ini ditunjukkan dengan tingkat konsep diri siswa sebesar 3,427 masuk dalam kategori tinggi, tingkat hasil efikasi diri dalam memecahkan masalah siswa sebesar 3,46 masuk dalam kategori tinggi, dan hasil analisis korelasi sebesar 0,580 dengan signifikansi 0,000. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan hipotesis alternatif penelitian diterima yaitu semakin tinggi konsep diri siswa maka semakin tinggi pula efikasi diri dalam memecahkan masalahnya. Sebaliknya semakin rendah konsep diri siswa maka semakin rendah pula efikasi diri dalam memecahkan masalahnya. Perhitungan kategorisasi interval konsep diri secara umum siswa kelas X, XI, dan XII siswa SMK Hidayah Semarang memiliki konsep diri yang tergolong tinggi. Hasil kategorisasi interval efikasi diri dalam memecahkan masalah siswa kelas X, XI, dan XII siswa SMK Hidayah Semarang memiliki efikasi diri dalam memecahkan masalah yang tergolong tinggi. Konsep diri memberikan sumbangan efektif sebesar 33,3% mempengaruhi efikasi diri dalam memecahkan masalah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: konsep diri, efikasi diri dalam memecahkan masalah.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 06 Oct 2020 03:23
Last Modified: 06 Oct 2020 03:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39198

Actions (login required)

View Item View Item