ANALISIS IMPLEMENTASI ISO 9001:2015 DALAM PEMBELAJARAN DI SMK N 7 SEMARANG


Achmad Fairuzza Dailami, 1102416024 (2020) ANALISIS IMPLEMENTASI ISO 9001:2015 DALAM PEMBELAJARAN DI SMK N 7 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 1102416024.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penerapan sistem manajemen mutu pada dasarnya untuk memenuhi persyaratan standar sistem manajemen mutu pada lingkup operasi atau proses manajemen perusahaan atau organisasi. Pelaksanaan manajemen mutu yang sesuai tentu akan membawa pengaruh dan perubahan untuk menentukan kemajuan atau mundurnya pendidikan. Kualitas pendidikan dipengaruhi oleh penyempurnaan sistemik terhadap seluruh komponen pendidikan. Hal yang masih menjadi pekerjaan rumah pemerintah terdapat beberapa faktor menyebabkan masih rendahnya kualitas lulusan SMK yaitu mengalami beberapa permasalahan mendasar menyangkut internal maupun eksternal di lembaga pendidikan SMK. Berdasarkan pandangan pemerintah, Sesuai dengan amanat Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan salah satu standar yang harus dikembangkan adalah standar proses Pada pembaharuan ISO 9001 : 2015 dalam pendekatan proses menggabungkan prinsip pendekatan manajemen sesuai prinsip PDCA dan manajemen resiko. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan penerapan ISO 9001:2015 dalam pembelajaran di SMK N 7 Semarang dan kendala yang terjadi saat penerapanya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumen. Subyek dalam penelitian ini adalah Wakil kepala sekolah bidang kurikulum, Wakil kepala sekolah bidang sarpras dan ketenagaan, Wakil kepala sekolah bidang manajemen mutu dan beberapa guru. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa: 1) Proses implementasi ISO 9001:2015 dalam pembelajaran di SMK N 7 Semarang mengacu pada klausul – klausul ISO 9001:2015 dan konsep Plan-Do-Check-Action (PDCA) serta manajemen resiko. 2) Masih terdapat kendala dalam penerapanya pada pembelajaran seperti komitmen guru dalam penyesuaian dokumen mutu pembelajaran millik bidang kurikulum sekolah dan kendala waktu dalam penyelesaian materi pembelajaran. Akan tetapi, kendala tersebut dapat menjadi solusi dalam perbaikan pembelajaran selanjutnya. Simpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa implementasi ISO 9001:2015 dalam pembelajaran di SMK N 7 Semarang sudah berjalan sesuai persyaratan dalam klausul ISO 9001:2015 meskipun masih terdapat beberapa kendala dalam prosesnya. Saran peneliti melakukan sosialisasi penyesuaian pembelajaran secara berkelanjutan dan setiap warga sekolah harus membangun sikap awareness sebagai antisipasi dalam menyikapi sebuah resiko atau kendala.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, ISO, Pembelajaran
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 06 Oct 2020 02:31
Last Modified: 06 Oct 2020 02:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39189

Actions (login required)

View Item View Item