KEEFEKTIFAN METODE INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR DESAIN GRAFIS SISWA KELAS X MULTIMEDIA DI SMK PERDANA SEMARANG


Faris Tri Priantono, 1102415056 (2020) KEEFEKTIFAN METODE INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR DESAIN GRAFIS SISWA KELAS X MULTIMEDIA DI SMK PERDANA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 1102415056.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

p sulit dan membosankan oleh sebagian siswa. Sehingga menyebabkan kurangnya antusias siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dan dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Mata pelajaran Dasar Desain Grafis adalah mata pelajaran yang sebagian materinya berupa berupa teori dan membutuhkan proses pembelajaran yang menarik agar siswa tidak mudah bosan. Sedangkan di SMK Perdana Semarang ini, proses pembelajaran yang dilaksanakan masih cenderung membuat siswa cepat bosan, karena guru masih sering menerapkan metode langsung atau ceramah dalam menyampaikan materi. Penggunaan metode langsung atau ceramah ini dirasa kurang sesuai dengan mata pelajaran Dasar Desain Grafis yang sebagian besar materinya berupa teori. Karena itulah, untuk menghindari rasa bosan siswa dibutuhkan penerapan metode pembelajaran yang tepat untuk menunjang proses pembelajaran Dasar Desain Grafis, yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran aktif tipe index card match. metode index card match dapat mamacu siswa untuk saling berinteraksi dan menjelaskan pemikiran antarsiswa sehingga siswa mampu mengembangkan potensi pada dirinya sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan metode pembelajaran index card match terhadap hasil belajar dasar desain grafis siswa kelas X multimedia SMK Perdana Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi experimental design. Pola yang digunakan adalah the matching only pretest-posttest control grup. Hasil penelitian menunjukan penerapan metode pembelajaran index card match terhadap hasil belajar siswa kelas kelas X Multimedia di SMK Perdana Semarang dapat disimpulkan efektif. Hal ini dibuktikan dengan diperoleh rata-rata selisih posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol adalah 6,11. Selain itu hasil uji t yang diketahui bahwa thitung 3,362 dan ttabel (df, 34;0,05) = 2.032. Sedangkan besarnya nilai signifikansi diperoleh nilai Sig.(2-tailed) 0,002 < 5% atau 0,05. Sehingga, karena thitung 3.362 > ttabel = 2.032, dan sig. = 0.002 < 0.05, maka Ha diterima dan Ho ditolak, yang artinya metode pembelajaran index card match efektif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar Desain Grafis kelas X Multimedia di SMK Perdana Semarang

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: metode index card match, dasar desain grafis, hasil belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 06 Oct 2020 02:18
Last Modified: 06 Oct 2020 02:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39185

Actions (login required)

View Item View Item