KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN PLATFORM GOOGLE CLASSROOM DAN SCHOOLOGY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR DESAIN GRAFIS KELAS X MULTIMEDIA SMK NEGERI 1 KEBUMEN


Aris Indro Susanto, 1102415004 (2020) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN PLATFORM GOOGLE CLASSROOM DAN SCHOOLOGY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR DESAIN GRAFIS KELAS X MULTIMEDIA SMK NEGERI 1 KEBUMEN. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 1102415004.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi, dalam proses pembelajaran di SMK Negeri 1 Kebumen, guru menggunakan metode konvensional (ceramah) dalam menyampaikan materi. Salah satunya dalam pembelajaran dasar desain grafis. Pembelajaran teori dengan metode ceramah membuat siswa cepat bosan dan kurang memperhatikan materi yang diajarkan oleh guru hingga tidak memperoleh hasil yang memenuhi kriteria. Untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu adanya inovasi dalam pembelajaran yakni dengan menggunakan platform Google Classroom dan Schoology. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur keefektifan Google Classroom dan Schoology terhadap hasil belajar siswa kelas X multimedia SMK Negeri 1 Kebumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode true eksperimental design. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Teknik sampling yang digunakan adalah multiple sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X multimedia SMK Negeri 1 Kebumen. Teknik peroleh data dengan menggunakan tes tertulis. Teknik analisis data dengan melakukan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan platform Google Classroom lebih efektif dibandingkan dengan Schoology dalam pembelajaran. Hal tersebut dapat terlihat peningkatan rata-rata nilai pretest dengan posttest yaitu rata-rata nilai pretest Google Classroom 65,95 dan posttest 83,81. Setelah penggunaan Google Classroom telah terjadi peningkatan nilai sebesar 17,86. Perbandingan rata-rata nilai pretest Schoology dengan posttest yaitu dari nilai 66,82 meningkat menjadi 78,18, artinya telah terjadi peningkatan sebesar 11,36. Selain itu, N-Gain Google Classroom lebih tinggi dari N-Gain Schoology ( 0.52 > 0,34). Saran dari penelitian ini adalah guru dapat menggunakan Google Classroom dan Schoology sebagai inovasi pembelajaran. Namun harus mempersiapkan sarana dan prasarana penunjang agar dapat diterapkan secara efektif. Untuk penelitian penggunaan Google Classroom dan Schoolgy diharapkan bisa dijadikan sebagai referensi selanjutnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, Google Classroom, Schoology, Hasil Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 06 Oct 2020 02:14
Last Modified: 06 Oct 2020 02:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39184

Actions (login required)

View Item View Item