PERAN KOMUNITAS TBM SANGKANPARAN BAGI SISWA SMKN 1 KARANGGAYAM DALAM MATA PELAJARAN TEKNIK PENGOLAHAN AUDIO VIDEO TAHUN 2018/2019


Ahmad Wahidin, 1102414046 (2020) PERAN KOMUNITAS TBM SANGKANPARAN BAGI SISWA SMKN 1 KARANGGAYAM DALAM MATA PELAJARAN TEKNIK PENGOLAHAN AUDIO VIDEO TAHUN 2018/2019. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 1102414046.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan salah satu bentuk satuan pendidikan formal yang menyelenggarakan pendidikan kejuruan pada jenjang pendidikan menengah sebagai lanjutan dari SMP, MTs, atau bentuk pendidikan lain yang sederajat. SMK mengutamakan pengembangan kemampuan siswa untuk melaksanakan jenis pekerjaan tertentu. Pendidikan menengah kejuruan mengutamakan penyiapan siswa untuk memasuki dunia industri atau dunia kerja. Selain kebutuhan dunia kerja, pendidikan SMK juga menyesuaikan dengan permintaan masyarakat dan pasar. Salah satu program keahlian yang ada di SMK adalah program keahlian multimedia, dimana pada program keahlian multimedia, siswa dibekali ilmu-ilmu yang berkaitan dengan multimedia, seperti desain grafis, fotografi, videografi, animasi dan lain sebagainya. Komunitas Taman Belajar Multimedia Sangkanparan merupakan salah satu komunitas yang bergerak di bidang multimedia, memberikan program-proram pembelajaran yang bermanfaat bagi siswa SMK terutama jurusan multimedia. Pelatihan yang diberikan tidak semuanya soft skill, namun juga diberikan bimbingan yang diajarkan di dalam suatu pembelajaran di dalam kelas. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini dipilih menggunakan teknik purposive sampling yang meliputi Ketua Komunitas sekaligus pemateri dan Anggota Komunitas. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tahapan analisis deskriptif interpretatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Peran komunitas Taman Belajar Multimedia Sangkanparan dalam mata pelajaran Teknik Pengolahan Audio dan Video dapat dikatan cukup besar. Dimana siswa anggota komunitas Taman Belajar Multimedia Sangkanparan mendapat pengetahuan lebih dalam bidang audio dan video dan mempermudah dalam menghadapi pembelajaran di sekolah. Komunitas Taman Belajar Multimedia juga mengadopsi konsep pembelajaran di luar kelas (Outdoor Learning). Adapun yang menjadi kendala dalam komunitas Taman Belajar Multimedia adalah keterbatasan sarana dan prasarana, dikarenakan semua program pembelajaran di komunitas tidak dipungut biaya apapun.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Multimedia, Audio dan Video, Komunitas, Outdoor Learning.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 06 Oct 2020 02:08
Last Modified: 06 Oct 2020 02:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39182

Actions (login required)

View Item View Item