IMPLEMENTASI KURIKULUM TERINTEGRASI DI SEKOLAH DASAR ALAM BEKASI


Rizki Barokah, 1102414024 (2020) IMPLEMENTASI KURIKULUM TERINTEGRASI DI SEKOLAH DASAR ALAM BEKASI. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 1102414024.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (19MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Undang-Undang No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional yang pada intinya menyatakan bahwa tujuan pendidikan nasional ialah berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Maka dari itu diperlukan sebuah sistem yang dinamakan kurikulum untuk mengatur jalannya pendidikan agar menjadi runtut, terarah dan menyeluruh sesuai dengan tujuan pendidikan yang sangat kompleks. Implementasi kurikulum di Sekolah Dasar Alam Bekasi menitikberatkan pada kurikulum akhlak yang terintegrasi pada setiap kegiatan pembelajaran di sekolah yang sesuai dengan Undang-Undang Sisdiknas. Pada penelitian ini peneliti mengambil fokus penelitian mengenai implementasi kurikulum terintegrasi di Sekolah Dasar Alam Bekasi yang bertujuan untuk dapat mengetahui konsep implementasi kurikulum terintegrasi, perencanaan implementasi kurikulum, pelaksanaan implementasi kurikulum, dan evaluasi implementasi kurikulum serta kendala dan solusi dalam implementasi kurikulum terintegrasi di Sekolah Dasar Alam Bekasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kurikulum terintegrasi di Sekolah Dasar Alam Bekasi terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan implementasi dilakukan melalui proses perumusan visi misi dan tujuan, struktur organisasi dan sumber daya manusia, penentuan program-program sekolah, pemilihan dan pengorganisasian materi, pengorganisasian kegiatan pembelajaran, serta pemilihan sumber dan alat belajar. Pelaksanaan implementasi kurikulum terintegrasi merupakan kegiatan mengaplikasikan kurikulum dalam proses pembelajaran. Evaluasi implementasi kurikulum dilakukan untuk mengukur pencapaian dari apa yang telah direncanakan melalui proses evaluasi dokumen kurikulum dan proses pembelajaran. Kendala yang dihadapi berkaitan dengan jumlah murid yang beragam, anggaran dana serta derasnya arus keluar masuk guru baru. Saran dan harapan peneliti untuk Sekolah Alam Bekasi ialah lebih meningkatkan lagi terkait manajemen sumber daya manusia serta manajemen anggaran kegiatan sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kurikulum Terintegrasi, Sekolah Alam
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 06 Oct 2020 02:04
Last Modified: 06 Oct 2020 02:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39181

Actions (login required)

View Item View Item