TRANSFORMASI KEWIRAUSAHAAN DI SEKTOR INDUSTRI KREATIF PADA MASYARAKAT DESA LORAM KULON KABUPATEN KUDUS


Yulinda Munggi Ratna, 3401415063 (2019) TRANSFORMASI KEWIRAUSAHAAN DI SEKTOR INDUSTRI KREATIF PADA MASYARAKAT DESA LORAM KULON KABUPATEN KUDUS. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of TRANSFORMASI KEWIRAUSAHAAN DI SEKTOR INDUSTRI KREATIF PADA MASYARAKAT DESA LORAM KULON KABUPATEN KUDUS]
Preview
PDF (TRANSFORMASI KEWIRAUSAHAAN DI SEKTOR INDUSTRI KREATIF PADA MASYARAKAT DESA LORAM KULON KABUPATEN KUDUS) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Desa Loram Kulon merupakan desa wisata religi dan kreatif sehingga memiliki potensi kewirausahaan masyarakat di bidang industri kreatif. Transformasi kewirausahaan menjadi salah satu aspek penting dalam mengembangkan potensi kewirausahaan masyarakat melalui penanaman nilai – nilai mencakup kemampuan, jiwa kewirausahaan, aktivitas usaha, dan strategi mempertahankan usaha. Tujuan dari penelitian ini untuk: 1). Mengetahui latarbelakang masyarakat mendirikan usaha industri kreatif di Desa Loram Kulon Kabupaten Kudus 2). Mengetahui proses transformasi kewirausahaan masyarakat di industri kreatif di Desa Loram Kulon Kabupaten Kudus. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik pengumpukan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian ini berada di Desa Loram Kulon Kabupaten Kudus karena Desa ini memiliki 520 pengusaha industri kreatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu perangkat desa, pengusaha industri kreatif, dan masyarakat di Desa Loram Kulon Kabupaten Kudus. Uji validitas data dilakukan dengan cara triangulasi sumber. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teori yang digunakan yaitu Teori Kepribadian Kreatif Everett Hagen. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa 1). Latarbelakang masyarakat mendirikan usaha industri kreatif di Desa Loram Kulon yaitu masyarakat tertarik menjadi bermata pencaharian sebagai wirausaha dibandingkan mata pencaharian lainnya karena ingin mandiri dan tidak ada keterikatan dengan aturan kantor atau pabrik. 2) Proses Transformasi kewirausahaan di Desa Loram Kulon melalui anggota keluarga yang berlatarbelakang wirausaha memiliki tingkat keberhasilan lebih tinggi dibandingkan melalui pelatihan, magang, dan lingkungan sosial, karena seseorang yang berada dalam garis keturunan keluarga wirausaha telah memiliki kebiasaan dari kecil terjun ke dunia wirausaha. Saran yang diberikan untuk penelitian ini adalah: 1) Bagi Pemerintah atau Perangkat Desa, mendukung transformasi kewirausahaan melalui pembinaan dan pengembangan kewirausahaan pada masyarakat Desa Loram Kulon, 2) Bagi Wirausaha dalam mentransformasikan kewirausahaan mengikuti pendidikan, pelatihan dan kursus kewirausahaan, 3) Bagi Masyarakat melihat lingkungan sosialnya untuk tidak merasa berkecil hati dengan pendidikan yang rendah, masyarakat juga mampu memiliki penghasilan yang tinggi sebagai wirausaha dan membuka lapangan pekerjaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Desa Loram Kulon, Industri Kreatif, Transformasi Kewirausahaan
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 05 Oct 2020 09:56
Last Modified: 05 Oct 2020 09:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39177

Actions (login required)

View Item View Item