PENGARUH LATIHAN BOX JUMP DAN DEPTH JUMPTERHADAP HASIL TENDANGAN JAUH (Eksperimen pada Siswa Sekolah Sepakbola Terang Bangsa di Kota Semarang U-15 Tahun 2019)


Triyanto Jati Nugroho, 6301415021 (2019) PENGARUH LATIHAN BOX JUMP DAN DEPTH JUMPTERHADAP HASIL TENDANGAN JAUH (Eksperimen pada Siswa Sekolah Sepakbola Terang Bangsa di Kota Semarang U-15 Tahun 2019). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH LATIHAN BOX JUMP DAN DEPTH JUMPTERHADAP HASIL TENDANGAN JAUH (Eksperimen pada Siswa Sekolah Sepakbola Terang Bangsa di Kota Semarang U-15 Tahun 2019)]
Preview
PDF (PENGARUH LATIHAN BOX JUMP DAN DEPTH JUMPTERHADAP HASIL TENDANGAN JAUH (Eksperimen pada Siswa Sekolah Sepakbola Terang Bangsa di Kota Semarang U-15 Tahun 2019)) - Published Version
Download (948kB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui pengaruh latihan box jump terhadap hasil tendangan jauh. 2) mengetahui pengaruh lathan depth jump terhadap hasil tendangan jauh. 3) mengetahui metode yang lebih efektif antara latihan box jump dan latihan depth jump terhadap hasil tendangan jauh Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen.Sampel penelitian berjumlah 20 orang, teknik pengambilan sampel menggunakan teknikpurposive random sampling. Analisis data dengan t test. Variabel bebas latihan box jump dan depth jump. Variabel terikat kemampuan tendangan jauh. Hasil penelitian kelompok eksperimen 1 diperoleh thitung = 4,949> ttabel = 2,262 signifikan, ada perbedaan hasil data pre testdan post test kelompok eksperimen 1. Hasil penelitian kelompok eksperimen 2 diperoleh thitung = 8,871 > ttabel = 2,262 signifikan, ada perbedaan hasil data Pre Test dan post test kelomok eksperimen 2. Hasil uji t post test kedua kelompok diperoleh thitung = -1,099 < ttabel = 2,262 signifikan, tidak terdapat perbedaan hasil data post test kedua kelompok eksperimen 1 dan kelompok eksperimen 2. Simpulan dalam penelitian ini adalah adanya pengaruh yang signifikan model latihan box jump sebesar 5,30%,ada pengaruh yang signifikan model latihan depth jump sebesar 4,14%. Untuk meningkatkan kemampuan tendangan jauh pemain, pelatih diharapkan menerapkan latihan box jump, karena latihan ini sangat berpotensi untuk meningkatkan kekuatan tungkai agar dapat melakukan tendangan dengan ringan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: box jump, depth jump,tendangan jauh.
Subjects: O Sport > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 05 Oct 2020 03:07
Last Modified: 05 Oct 2020 03:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39154

Actions (login required)

View Item View Item