HUBUNGAN ANTARA KELINCAHAN DAN KELENTUKAN DENGAN HASIL KECEPATAN MENGGIRING BOLA PADA PEMAIN SEKOLAH SEPAKBOLA PERSISAC SEMARANG TAHUN 2019


Miftahul Barizi, 6301415018 (2019) HUBUNGAN ANTARA KELINCAHAN DAN KELENTUKAN DENGAN HASIL KECEPATAN MENGGIRING BOLA PADA PEMAIN SEKOLAH SEPAKBOLA PERSISAC SEMARANG TAHUN 2019. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6301415018 _Optimized.pdf]
Preview
PDF
Download (829kB) | Preview

Abstract

Sepakbola merupakan olahraga yang sangat populer, selain menjadi permainan yang menghibur, sepakbola pun telah dijadikan sebagai model bisnis. Dalam sepakbola, pemain harus menguasai teknik dasar yang menjadi komponen utama dalam permainan yakni menggiring bola. Kelincahan dan kelentukan merupakan faktor yang mempengaruhi kecepatan menggiring bola. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan latihan kelincahan dan kelentukan dengan hasil kecepatan menggiring bola. Penelitian ini menggunakan studi korelasional dengan populasi semua siswa sekolah sepakbola Persisac Semarang tahun 2019, sebanyak 25 pemain. Teknik pengumpulan data ini yang digunakan adalah metode survei dengan tes dan pengukuran. Terdapat 3 butir tes dalam penelitian ini, yaitu tes kelincahan, tes kelentukan dan tes menggiring bola. Uji normalitas menggunakan Kalmogrovsmirnov, uji homogenitas menggunakan uji statistik F, uji linearitas dilakukan melalui uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kelincahan mempunyai hubungan sebesar 35,8% terhadap hasil kecepatan menggiring bola, (2) Kelentukan tidak mempunyai hubungan terhadap hasil kecepatan menggiring bola karena menghasilkan nilai negatif, (3) Hubungan antara kelincahan dan kelentukan dengan hasil kecepatan menggiring bola adalah sebesar 41,5%. Saran, bagi pelatih hendaknya memperhatikan kelincahan dan kelentukan pada otot tungkai setiap pemain. Sedangkan bagi pemain sekolah sepakbola Persisac Semarang tahun 2019 sebaiknya harus menambah latihan-latihan lain yang dapat mengembangkan keterampilan menggiring bola.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kelincahan, Kelentukan, Menggiring Bola
Subjects: O Sport > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 05 Oct 2020 02:56
Last Modified: 05 Oct 2020 02:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39152

Actions (login required)

View Item View Item