KEEFEKTIFAN BAHAN AJAR BERSTRATEGI PQ4R MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MINAT BELAJAR SISWA


Mukhshonah, 4001415034 (2019) KEEFEKTIFAN BAHAN AJAR BERSTRATEGI PQ4R MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MINAT BELAJAR SISWA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN BAHAN AJAR BERSTRATEGI PQ4R MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MINAT BELAJAR SISWA]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN BAHAN AJAR BERSTRATEGI PQ4R MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MINAT BELAJAR SISWA) - Published Version
Download (791kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPA di tingkat SMP dilaksanakan dengan berbasis keterpaduan dan dikembangkan sebagai mata pelajaran integrative science. Integrative science mempunyai berbagai aspek yaitu domain sikap, pengetahuan, dan keterampilan maupun kemampuan. Kemampuan berpikir kritis merupakan masalah yang sangat penting dalam pendidikan saat ini, guru harus mampu mengembangkan dan mendorong pemikiran kritis di dalam kelas. Fakta menunjukkan guru masih teoritis dan kurang mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa. Hal ini dikarenakan sumber belajar yang digunakan guru hanya berpedoman pada buku guru maupun buku siswa yang digunakan di sekolah dan kurang mengembangkan kreatifitasnya dalam mengembangkan bahan ajar. Pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar tersebut seharusnya dihindari agar pembelajaran menjadi berkualitas sehingga siswa berkesempatan untuk berpikir lebih mendalam dan fleksibel serta minat belajar siswa menjadi lebih meningkat. Penelitian ini bertujuan mengetahui keefektifan bahan ajar berstrategi PQ4R materi cahaya dan alat optik terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dan minat belajar siswa beserta besar peningkatannya. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen dengan desain penelitian true-experimental design dalam bentuk Pretest and Posttest Control Group Design. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode tes, observasi minat belajar, angket respon tanggapan siswa dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan nilai N-Gain pada kelas eksperimen memiliki rata-rata 0,69 dengan kriteria sedang. Hasil analisis data lembar observasi minat belajar siswa menunjukkan nilai yang diperoleh sebesar 86,41% dengan kriteria sangat baik. Simpulan dari penelitian ini adalah bahan ajar berstrategi PQ4R materi cahaya dan alat optik efektif dalammeningkat dan signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis dan minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bahan ajar PQ4R, Kemampuan Berpikir Kritis, Minat Belajar Siswa
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 05 Oct 2020 01:51
Last Modified: 05 Oct 2020 01:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39147

Actions (login required)

View Item View Item