ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KETERAMPILAN INTRAPERSONAL SISWA KELAS VIII PADA PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN JURNAL BELAJAR


Ratih Ayuning Kinasih, 4001415028 (2019) ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KETERAMPILAN INTRAPERSONAL SISWA KELAS VIII PADA PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN JURNAL BELAJAR. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KETERAMPILAN INTRAPERSONAL SISWA KELAS VIII PADA PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN JURNAL BELAJAR]
Preview
PDF (ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KETERAMPILAN INTRAPERSONAL SISWA KELAS VIII PADA PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN JURNAL BELAJAR) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Ciri khas pembelajaran pendekatan scientific adalah pembelajaran lebih memfokuskan terhadap keterampilan proses. Namun, realita di lapangan masih berbeda dari yang diharapkan. Hasil observasi awal di SMPN 32 Semarang mengungkapkan jika kegiatan pembelajaran masih berfokus terhadap proses, siswa belum mandiri dan mudah putus asa dalam mengerjakan soal, siswa belum bisa mengenali kelemahan dan kelebihan dirinya. Ini membuktikan keterampilan proses sains dan keterampilan intrapersonal siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil tiap aspek pada keterampilan proses sains dan keterampilan intrapersonal siswa pada pembelajaran group investigation berbantuan jurnal belajar. Desain penelitian yang digunakan adalah concurrent embedded dengan data KUAL sebagai primer. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Adapun sampel yang digunakan kelas VIIIA dan VIIIC siswa SMPN 32 Semarang tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini menghasilkan keterampilan proses sains ditinjau dari kognitif siswa didapati >50% siswa tuntas dengan aspek mengamati, meramalkan, merancang percobaan, menerapkan konsep, dan mengkomunikasikan tergolong kategori sangat baik, namun aspek menggunakan alat/bahan tergolong kategori baik, sedangkan ditinjau dari psikomotorik, siswa dengan keterampilan tinggi sudah bisa merancang pembelajarannya dengan baik, sedangkan siswa dengan keterampilan rendah masih membutuhkan bimbingan guru. Hasil keterampilan intrapersonal siswa didapati hasil aspek emotional processing, metacogniton, values clarification, dan self-identity tergolong sangat baik, sedangkan aspek self-reflection tergolong baik. Hubungan antara keterampilan proses sains dengan keterampilan intrapersonal sebesar 10%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Proses Sains, Keterampilan Intrapersonal, Group Investigation
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 05 Oct 2020 01:33
Last Modified: 05 Oct 2020 01:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39145

Actions (login required)

View Item View Item