PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERVISI SETS MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA SMP
Wahdatul Aini Kamalia, 4001415027 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERVISI SETS MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA SMP. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERVISI SETS MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA SMP)
- Published Version
Download (42MB) | Preview |
Abstract
Penggunaan media pembelajaran sangat penting. Akan tetapi, media pembelajaran belum dimanfaatkan secara maksimal. Berdasarkan hasil wawancara diperoleh peserta didik masih kesulitan dalam memahami materi pencemaran lingkungan. Hal ini dikarenakan proses pembelajaran tidak memungkinkan dilakukan secara langsung. Untuk itu, perlu dikembangkan media video pembelajaran bervisi SETS terhadap hasil belajar kognitif dan sikap peduli lingkungan siswa. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas media pembelajaran bervisi SETS, keefektifan media video pembelajaran bervisi SETS, sikap peduli lingkungan peserta didik dan respon tanggapan oleh peserta didik.Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Research and Development atau R and D) dengan delapan langkah. Media video pembelajaran bervisi SETS yang akan dikembangkan divalidasi terlebih dahulu oleh 2 ahli yaitu ahli materi dan media. Validasi ahli media memperoleh rata-rata yaitu 68.75% (valid), 83.33% (sangat valid) dan 93.75% (sangat valid), sedangkan validasi ahli materi memperoleh rata-rata yaitu 83.33% (sangat valid) dan 97.5% (sangat valid). Langkah berikutnya uji coba skala kecil dengan uji respon peserta didik dan sikap peduli lingkungan dengan tujuan sebagai perbaikan. Tahap selanjutnya uji coba skala besar untuk analisisnya yaitu uji keefektifan media dilakukan melalui kegiatan pretest dan posttest kemudian dengan menghitung Ngain dan ketuntasan belajar. Hasil rata-rata N-gain diperoleh 0,6 dan hasil ketuntasan belajar peserta didik mencapai 89%. Analisis selanjutnya yaitu terkait sikap peduli lingkungan peserta didik diperoleh rata-rata angket sikap peduli lingkungan peserta didik yaitu 81,63% (sangat baik), sedangkan observasi dilakukan selama 3 hari diperoleh rata-rata pada observer 1 yaitu 61.34% (cukup), 70.06% (baik) dan 79.09 % (baik). Observer 2 diperoleh rata-rata 62.65% (cukup), 68.98% (baik) dan 80.32 (sangat baik). Langkah selanjutnya dilakukan analisis respon tanggapan peserta didik. Hasil rata-rata skor respon 27 peserta didik terhadap media diperoleh 91.59%, dengan kategori sangat baik. Berdasarkan uraian tersebut disimpulkan bahwa media video pembelajaran bervisi SETS valid, efektif terhadap sikap peduli lingkungan dalam proses pembelajaran, serta mendapatkan respon tanggapan positif dari peserta didik.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Video Pembelajaran Bervisi SETS, Hasil Belajar Kognitif, Sikap Peduli Lingkungan |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 05 Oct 2020 01:20 |
Last Modified: | 05 Oct 2020 01:20 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39144 |
Actions (login required)
View Item |