PENGARUH MODEL PjBL-STEAM PADA MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK TERHADAP KETERAMPILAN MEMECAHKAN MASALAH DAN KOMUNIKASI SISWA


Faiz Ayu Urfah Anindya, 4001415023 (2019) PENGARUH MODEL PjBL-STEAM PADA MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK TERHADAP KETERAMPILAN MEMECAHKAN MASALAH DAN KOMUNIKASI SISWA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH MODEL PjBL-STEAM PADA MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK TERHADAP KETERAMPILAN MEMECAHKAN MASALAH DAN KOMUNIKASI SISWA]
Preview
PDF (PENGARUH MODEL PjBL-STEAM PADA MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK TERHADAP KETERAMPILAN MEMECAHKAN MASALAH DAN KOMUNIKASI SISWA) - Published Version
Download (672kB) | Preview

Abstract

Tantangan dalam hal pendidikan di era disrupsi adalah menciptakan sumber daya manusia yang memiliki keterampilan dalam memecahkan masalah, kreatif dan inovatif serta mampu komunikasi dengan baik. Oleh karena itu diperlukan adanya model pembelajaran yang dapat melatih keterampilan memecahkan masalah dan komunikasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh PjBL- STEAM yang ditandai dengan adanya perbedaan rata-rata keterampilan memecahkan masalah dan komunikasi antara siswa yang diberi perlakuan menggunakan model PjBL-STEAM dan siswa yang diberi perlakuan menggunakan PjBL-Scientific. Penelitian dilakukan di MTs N 2 Brebes pada kelas VIII. Metode penelitian ini menggunakan desain quasi-eksperimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling, diperoleh kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data terdiri atas tes, dokumentasi dan observasi. Pengaruh PjBL-STEAM terhadap keterampilan memecahkan masalah dan komunikasi siswa diukur dan dianalisis dengan Uji t. Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat perbedaan nilai rata-rata keterampilan memecahkan masalah antara siswa yang diberi perlakuan menggunakan model PjBL-STEAM dan siswa yang diberi perlakuan menggunakan model PjBL- Scientific dengan nilai thitung = 3.495 (2) terdapat perbedaan keterampilan komunikasi antara siswa yang diberi perlakuan menggunakan model PjBL-STEAM dan siswa yang diberi perlakuan menggunakan model PjBL-Scientific dengan nilai thitung = 7.771. Model PjBL-STEAM berpengaruh terhadap keterampilan memecahkan masalah dan komunikasi siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: PjBL, STEAM, Keterampilan Memecahkan Masalah, Keterampilan komunikasi
Subjects: Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 05 Oct 2020 01:13
Last Modified: 05 Oct 2020 01:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39143

Actions (login required)

View Item View Item