PENGARUH PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN PICTORIAL RIDDLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK


Ana Naili Izzah, 4001415018 (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN PICTORIAL RIDDLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN PICTORIAL RIDDLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK]
Preview
PDF (PENGARUH PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN PICTORIAL RIDDLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK) - Published Version
Download (797kB) | Preview

Abstract

Hasil observasi yang telah dilakukan bahwa siswa di SMP N 25 Semarang memiliki hasil belajar yang rendah maka diperlukan inovasi strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat dilakukan yaitu strategi inkuiri berbantuan pictorial riddle. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh pembelajaran inkuiri berbantuan pictorial riddle terhadap hasil belajar siswa pada materi cahaya dan alat optik dan mengetahui respon peserta didik terhadap strategi pembelajaran tersebut. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 25 Semarang tahun pelajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VIII G (kelas eksperimen) dan kelas VIII H (kelas kontrol). Desain penelitian ini adalah quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, tes, dan angket. Metode tes berupa soal pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar kognitif siswa. Metode angket menggunakan instrumen berupa lembar angket yang berkaitan dengan tanggapan penerapan pembelajaran inkuiri berbantuan pictorial riddle. Pengaruh pembelajaran inkuiri berbantuan pictorial riddle terhadap hasil belajar siswa diukur dan dianalisis dengan menggunakan Uji t, N-gain, analisis ketuntasan belajar klasikal dan analisis respon tanggapan siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran inkuiri berbantuan pictorial riddle terhadap hasil belajar siswa pada materi cahaya dan alat optik dilihat berdasarkan perbedaan pada uji t dimana thitung > ttabel (2,722 > 2,030). N-gain pada kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol yaitu sebesar 0,536 dengan kriteria sedang dan 0,367 dengan kriteria sedang. Hasil tersebut didukung bahwa ketuntasan belajar klasikal siswa pada kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol yaitu sebesar 88,57% pada kelas eksperimen, dan 26 siswa atau 74,28% pada kelas kontrol. Pembelajaran dikatakan berhasil apabila ketuntasan belajar siswa ≥ 85%. Penerapan pembelajaran inkuiri Berbantuan pictorial riddle juga didukung oleh respon baik siswa sebesar 81,63% sehingga pembelajaran inkuiri berbantuan pictorial riddle bersifat sangat baik terhadap hasil belajar siswa pada materi cahaya dan alat optik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Inkuiri, Pictorial Riddle, Hasil Belajar.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 05 Oct 2020 01:00
Last Modified: 05 Oct 2020 01:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39141

Actions (login required)

View Item View Item