POLA INTERAKSI WARGA BELAJAR PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C DI PKBM ULUL ALBAB KECAMATAN SIRAMPOG KABUPATEN BREBES


Puji Astuti, 3401415044 (2019) POLA INTERAKSI WARGA BELAJAR PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C DI PKBM ULUL ALBAB KECAMATAN SIRAMPOG KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of POLA INTERAKSI WARGA BELAJAR PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C DI PKBM ULUL ALBAB KECAMATAN SIRAMPOG KABUPATEN BREBES]
Preview
PDF (POLA INTERAKSI WARGA BELAJAR PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C DI PKBM ULUL ALBAB KECAMATAN SIRAMPOG KABUPATEN BREBES) - Published Version
Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3401415044.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kunci: Interaksi Sosial, Pendidikan Kesetaraan Paket C, Warga Belajar. PKBM Ulul Albab Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes merupakan salah satu PKBM yang menerapkan program pendidikan kesetaraan Paket C. Dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, tidak sesuai dengan peraturan pemerintah. Pertama, intensitas pertemuan tatap muka yang hanya dilakukan satu kali dalam seminggu. Kedua, kegiatan belajar mengajar (KBM) yang dilaksanakan oleh PKBM Ulul Albab hanya meliputi kegiatan pembelajaran tatap muka di kelas, kegiatan belajar mandiri yang hanya dilakukan beberapa kali saja, dan sarana dan prasarana serta tutor yang terbatas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana bentuk interaksi sosial warga belajar? 2) bagaimana perilaku sosioemosional warga belajar dan 3) bagaimana perilaku tugas waga belajar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui 1) bentuk interaksi sosial warga belajar 2) perilaku sosioemosional warga belajar dan 3) perilaku tugas waga belajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan yang dipilih terdiri dari empat orang warga belajar yang terdiri dari lakilaki dan perempuan dan satu kepala sekolah sebagai informan utama, serta dua tutor PKBM Ulul Albab sebagai informan pendukung. Uji validitas data dilakukan dengan membandingkan data hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang digunakan adalah model Miles and Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian yang didapatkan 1) bentuk interaksi sosial warga belajar pendidikan kesetaraan paket C di PKBM Ulul Albab terdiri dari warga belajar dengan warga belajar, warga belajar dengan tutor, warga belajar dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok. 2) perilaku sosioemosional warga belajar saling menunjukkan solidaritas kelompok, dramatisasi dan respon kesepakatan. Hal ini menciptakan rasa kebersamaan (sense of community). 3) perilaku tugas warga belajar saling memberi dan meminta informasi. Dengan demikian komunikasi interaksi warga belajar Paket C PKBM Ulul Albab berjalan baik dan lancar. Di sisi yang lain warga belajar tidak saling bertukar pendapat dan saran sehingga mengalami masalah evaluasi dan pengawasan. Saran yang dapat diajukan yaitu bagi warga belajar pendidikan kesetaraan paket C seharusnya bisa meluangkan waktu untuk selalu hadir di kelas, dan meningkatkan komunikasi atau interaksi khususnya keaktifan memberikan pendapat pada saat pembelajaran. Tutor memberikan metode pembelajaran diskusi yang inovatif, dan pengurus menerapkan program penangguhan raport dan ijazah bagi warga belajar yang sering absen mengikuti kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Interaksi Sosial, Pendidikan Kesetaraan Paket C, Warga Belajar
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
H Social Sciences > HM Sociology
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 05 Oct 2020 09:52
Last Modified: 05 Oct 2020 09:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39128

Actions (login required)

View Item View Item