PENGARUH PROFITABILITAS, STRUKTUR ASET, DAN GROWTH OPPORTUNITY TERHADAP STRUKTUR MODAL (Studi pada Perusahaan Property and Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2018)


Sri Yupi Agustina, 7311416175 (2020) PENGARUH PROFITABILITAS, STRUKTUR ASET, DAN GROWTH OPPORTUNITY TERHADAP STRUKTUR MODAL (Studi pada Perusahaan Property and Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2018). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311416175.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Struktur modal merupakan masalah yang paling penting bagi perusahaan karena akan memberikan efek langsung terhadap posisi finansial perusahaan. Setiap perusahaan dalam melakukan pertumbuhan dan perkembangan bisnisnya memerlukan pendanaan yaitu struktur modal. Struktur modal merupakan perbandingan modal eksternal dengan modal sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah profitabilitas, struktur asset, dan growth opportunity berpengaruh signifikan terhadap struktur modal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan property and real estate yang terdaftar di Bursa Efekn Indonesia tahun 2014-2018. Jumlah sampel yang digunakan yaitu sebanyak 33 perusahaan dengan jumlah observasi sebanyak 165 yang menggunakan metode purposive sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah pemilihan estimasi data panel, analisis regresi dengan pendekatan fixed effect model dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profitabiliktas dan struktur asset, berpengaruh negatif dan signifikan terhadap struktur modal. Sedangkan growth opportunity berpengaruh positif dan signifikan terhadap struktur modal. Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah bagi investor dan perusahaan harus memperhatikan variabel-variabel yang mempengaruhi struktur modal seperti profitabilitas, struktur aset, dan growth opportunity sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan keputusan struktur modal. Sedangkan untuk penelitian selanjutnya yaitu diharapkan dapat menambahkan variabel independen lain yang mempengaruhi struktur modal seperti business risk, selain itu juga diharapkan menggunakan sektor selain sektor property and real estate.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Struktur Modal, Profitabilitas, Struktur Aset, Growth Opportunity
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 05 Sep 2020 09:39
Last Modified: 05 Sep 2020 09:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39109

Actions (login required)

View Item View Item