ANALISIS KINERJA DAN NILAI PERUSAHAAN SEBELUM DAN SESUDAH PENGADOPSIAN EMPLOYEE STOCK OWNERSHIP PROGRAM (ESOP) (Studi Kasus pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2010-2017)


Noor Fianti, 7311416035 (2020) ANALISIS KINERJA DAN NILAI PERUSAHAAN SEBELUM DAN SESUDAH PENGADOPSIAN EMPLOYEE STOCK OWNERSHIP PROGRAM (ESOP) (Studi Kasus pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2010-2017). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311416035.pdf] PDF - Published Version
Download (8MB)

Abstract

Dalam upaya mengatasi masalah keagenan yang terjadi di perusahaan khususnya pada perusahaan yang telah go-public dapat diminimalisir salah satunya dengan menggunakan kebijakan pengadopsian Employee Stock Ownership Program (ESOP) pada perusahaan, selain dapat mengatasi masalah keagenan juga dapat meningkatkan kinerja dan nilai perusahaan. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kinerja dan nilai perusahaan sebelum dan sesudah melakukan pengadopsian Employee Stock Ownership Program (ESOP). Populasi yang digunakan pada penelitian ini yaitu seluruh perusahaan yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia pada kurun waktu penelitian 2010-2017. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yang menggunakan kriteria-kriteria yang telah ditentukan oleh peneliti sehingga diperoleh sampel sebanyak 22 perusahaan. metode yang digunakan dalam pengujian hipotesis pertama yaitu menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test, sedangkan pada pengujian hipotesis kedua dan ketiga menggunakan Paired Sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pada Sales Growth (SG) dan Price to Book Value (PBV) antara sebelum dan sesudah pengadopsian ESOP pada perusahaan, sedangkan tidak terdapat perbedaan pada Return On Asset (ROA) antara sebelum dan sesudah penerapan ESOP pada perusahaan. Simpulan dari hasil penelitian ini yaitu dapat dinyatakan bahwa pengadopsian ESOP pada perusahaan mampu meningkatkan nilai perusahaan. Namun masih belum mampu meningkatkan kinerja perusahaan secara maksimal. Saran dalam penelitian ini adalah bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk menambahkan adanya kontrol terhadap extraneous variabel untuk memperkuat dugaan penelitian serta menambah periode waktu pengamatan dan menggunakan variabel yang berbeda agar hasil penelitian lebih komprehensif. Bagi perusahaan yang hendak melakukan kebijakan pengadopsian ESOP hendaknya lebih didasari dengan pertimbangan dan persiapan yang lebih matang agar manfaatnya bisa dirasakan secara maksimal, dan bagi para investor selain melihat pengadopsian ESOP sebagai pertimbangan sebelum melakukan keputusan investasi juga hendaknya menganalisa dari sisi fundamental dan tata kelola dalam perusahaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Employee Stock Ownership Program, Kinerja Perusahaan, Nilai perusahaan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 05 Sep 2020 09:36
Last Modified: 05 Sep 2020 09:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39107

Actions (login required)

View Item View Item