PENGARUH BRAND AWARENESS, BRAND IMAGE, DAN PERCEIVED QUALITY TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN


Muhammad Afiq Burhani, 7311415198 (2020) PENGARUH BRAND AWARENESS, BRAND IMAGE, DAN PERCEIVED QUALITY TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311415198.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Pertumbuhan industri otomotif di Indonesia dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang sangat signifikan, dan akan tetap menjanjikan beberapa tahun mendatang. Oleh karena itu, para produsen otomotif berlomba-lomba menciptakan produk yang paling canggih untuk memikat hati konsumen serta menciptakan loyalitas di benak mereka Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi loyalitas pelanggan seperti brand awareness, brand image, perceived quality, dan kepuasan pelanggan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh langsung dan tidak langsung brand awareness, brand image, dan perceived quality terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan AHASS Mustika Jaya Abadi Semarang yang tidak diketahui jumlahnya. Sampel yang digunakan sebanyak 115 responden dengan teknik non-probability sampling yaitu purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan menggunakan path analysis, dengan uji hipotesis menggunakan IBM SPSS 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial brand awareness, brand image, dan perceived quality berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Berdasarkan analisis jalur membuktikan bahwa kepuasan pelanggan mampu memediasi pengaruh brand awareness, brand image, dan perceived quality terhadap loyalitas pelanggan. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa secara parsial brand awareness, brand image, dan perceived quality berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Berdasarkan analisis jalur membuktikan bahwa kepuasan pelanggan mampu memediasi pengaruh brand awareness, brand image, dan perceived quality terhadap loyalitas pelanggan. Bagi penelitian selanjutnya, sebaiknya pada penelitian selanjutnya untuk meneliti variabel lainnya yang mempengaruhi loyalitas pelanggan seperti brand trust, dan experiental marketing.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Brand Awareness, Brand Image, Perceived Quality, Loyalitas Pelanggan, Kepuasan Pelanggan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 05 Sep 2020 09:30
Last Modified: 05 Sep 2020 09:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39105

Actions (login required)

View Item View Item