PENGARUH DESTINATION IMAGE, PERCEIVED VALUE DAN SERVICE CONVENIENCE TERHADAP BEHAVIORAL INTENTION MELALUI SATISFACTION (Studi Pada Pengunjung Objek Wisata Sri Gunung Kabupaten Batang)


ARI FERIANTO, 7311415191 (2020) PENGARUH DESTINATION IMAGE, PERCEIVED VALUE DAN SERVICE CONVENIENCE TERHADAP BEHAVIORAL INTENTION MELALUI SATISFACTION (Studi Pada Pengunjung Objek Wisata Sri Gunung Kabupaten Batang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311415191.pdf] PDF - Published Version
Download (3MB)

Abstract

Pariwisata merupakan komoditas yang dibutuhkan oleh setiap individu. Berbagai jenis usaha pariwisata kian bermunculan seiring meningkatnya minat masyarakat untuk berwisata dan mencari hal-hal baru serta menciptakan pengalaman baru. Perusahaan maupun pengelola destinasi wisata mulai menciptakan keunikan dan keunggulan tersendiri sehingga mampu bersaing dengan wisata lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh destination image, perceived value, service convenience terhadap behavioral intention melalui satisfaction. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pengunjung objek wisata Sri Gunung Kabupaten Batang. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 115 orang dengan menggunakan metode accidental sampling dengan pendekatan non probablity sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi yang dianalisis dengan path analysis menggunakan program SPSS versi 25. Dimana variabel yang digunakan meliputi destination image, perceived value, service convenience, satisfaction dan behavioral intention. Hasil penelitian menunjukkan bahwa destination image, perceived value, service convenience dan satisfaction berpengaruh positif dan signifikan terhadap behavioral intention. Hasil uji path analysis menunjukkan bahwa destination image, perceived value dan service convenience berpengaruh positif dan signifikan terhadap behavioral intention melalui satisfaction. Kesimpulan dari penelitian ini membuktikan bahwa semakin baik destination image, perceived value, service convenience yang diberikan oleh pengelola wisata Sri Gunung kepada pengunjung maka akan meningkatkan behavioral intention, begitu pula apabila satisfaction semakin baik maka behavioral intention pun akan ikut meningkat. Saran bagi pengelola wisata Sri Gunung untuk mempertahankan dan meningkatkan destination image, perceived value dan service convenience, sehingga satisfaction semakin meningkat yang akan diikuti pula oleh peningkatan behavioral intention. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat menambah variabel lain seperti experiential marketing dan electronic word of mouth untuk mengembangkan model penelitian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Destination Image, Perceived Value, Service Convenience, Satisfaction, Behavioral Intention
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 05 Sep 2020 09:27
Last Modified: 05 Sep 2020 09:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39104

Actions (login required)

View Item View Item