PENGARUH FIRM AGE, CORPORATE GOVERNANCE, DAN LIKUIDITAS TERHADAP STRUKTUR MODAL (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan Bursa Malaysia Periode 2015-2018)


NABILA NAFISAH, 7311415138 (2020) PENGARUH FIRM AGE, CORPORATE GOVERNANCE, DAN LIKUIDITAS TERHADAP STRUKTUR MODAL (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan Bursa Malaysia Periode 2015-2018). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311415138.pdf] PDF - Published Version
Download (4MB)

Abstract

Struktur modal merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan, karena baik buruknya struktur modal akan mempunyai efek langsung terhadap posisi keuangan perusahaan yang pada akhirnya akan mempengaruhi nilai perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah firm age, corporate governance, dan likuiditas berpengaruh terhadap struktur modal di Bursa Efek Indonesia dan Bursa Malaysia. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indoesia (BEI) dan Bursa Malaysia selama perode 2015-2018. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling yang terdiri dari 104 perusahaan di BEI dan 121 perusahaan di Bursa Malaysia. Hasil uji model estimasi data panel menunjukkan model terbaik yang digunakan adalah Random Effect Model (REM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa board size dan likuiditas berpengaruh signifikan terhadap struktur modal di BEI dan Bursa Malaysia. Proportion independent board berpengaruh tidak signifikan terhadap struktur modal di BEI dan Bursa Malaysia. Firm age berpengaruh signifikan terhadap struktur modal di BEI namun berpengaruh tidak signifikan di Bursa Malaysia. Dualism CEO berpengaruh tidak signifikan terhadap struktur modal di BEI namun berpengaruh signifikan terhadap struktur modal di Bursa Malaysia. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa faktor penentu struktur modal pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI adalah firm age, board size,dan likuiditas, sedangkan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Malaysia yaitu board size, dualism CEO, dan likuiditas. Saran bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat mengembangkan penelitian serupa dengan menambah variabel lain yang tidak tercantum dalam penelitian ini, Bagi perusahaan, diharapkan dapat menentukan struktur modal optimal untuk meminimalisir risiko dalam melakukan keputusan pendanaan. Bagi investor, diharapkan lebih bijak dan memperhatikan kebijakan struktur modal yang diambil perusahaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Struktur Modal, Firm Age, Corporate Governance, Likuiditas
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 05 Sep 2020 09:17
Last Modified: 05 Sep 2020 09:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39100

Actions (login required)

View Item View Item